Prangko Edisi Musisi Tanah Air Pada Peringatan Hari Musik Nasional
beritapapua..id - Prangko Edisi Musisi Tanah Air Pada Peringatan Hari Musik Nasional

Prangko Edisi Musisi Tanah Air Pada Peringatan Hari Musik Nasional – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui PT. Pos Indonesia sedang menggodok rencana perilisan prangko edisi musisi Tanah Air. Prangko edisi khusus ini akan diluncurkan 9 Maret 2020 bertepatan dengan Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional adalah peringatan hari musik di Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 9 Maret, disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Peringatan ini, kali pertama dilakukan pada 9 Maret 2013 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. Dalam Keppres itu disebutkan pula bahwa peringatan Hari Musik Nasional bukan hari libur nasional.

Dalam Keppres juga dijelaskan, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multi dimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Baca Juga: Mengintip Sepak Terjang Putra Papua yang Menjadi Direktur Freeport

Tujuan Diadakannya Hari Musik Nasional

Pemerintah memandang perlu menetapkan Hari Musik Nasional dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional dan internasional. Tujuan dari peringatan Hari Musik nasional adalah mengupayakan peningkatan apresiasi terhadap musik Indonesia.

Selasa (18/2/2020) kemarin merupakan rapat koordinasi terakhir tentang rencana penerbitan prangko ini. Musisi Indonesia yang terpilih untuk ditampilkan di prangko ini adalah musisi-musisi senior seperti God Bless, Titiek Puspa, Chrisye, Panbers, Koes Bersaudara, Bimbo, Gesang, dan Gombloh.

Terkhusus untuk Chrisye, proses perizinan foto sudah selesai pada 5 Februari lalu. Perizinan ini ditandai dengan penandatanganan antara Kominfo dengan pihak Chrisye. Sayangnya, tiga hari berselang pihak Chrisye justru dirundung duka, lantaran istri mendiang Chrisye, Yanti Noor, meninggal dunia.

“Mba Yanti harusnya jadi bintang di bulan Maret nanti di Hari Musik Nasional (9 Maret), karena ada peluncuran prangko-prangko artis. Ada Titiek Puspa, Koes Bersaudara dan lainnya,” kata rekan Yanti Noor yang juga seorang pengamat musik, Bens Leo, dikutip dari Kumparan.com (8/2/2020).

Selain Indonesia, Amerika Serikat (AS) juga pernah meluncurkan prangko serupa. Melalui US Portal Service, Negeri Paman Sam memberi tempat untuk Jimi Hendrix, Johnny Cash, Ray Charles, Lydia Mendoza, dan Janis Joplin sang Ratu Blues.