Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB
Beritapapua.id - Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB - Kebumen Ekspress

Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB – Pratu Firdaus Kurniawan, prajurit TNI Yonif R 400/BR gugur dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Jumat (6/11/2020).

Kejadian tersebut terjadi saat para anggota sedang melakukan patrol di Titigi. Satu prajurit TNI yakni Pratu Firdaus gugur terkena tembakan kelompok kriminal bersenjata ( KKB). Lalu, satu prajurit alami luka tembak di bagian kaki, yakni Pratu Arbi.

Pratu Arbi sendiri telah dibawa ke RSUD Mimika untuk menjalani perawatan. Kekejian yang dilakukan KKB ini tidak hanya menyasar prajurit TNI, melainkan juga warga sipil.

“Kejadian ini menambah daftar korban jiwa di Intan Jaya. Bukan hanya prajurit TNI/Polri yang memang bertugas, warga sipil juga jadi sasaran KKB,” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Gugurnya Pratu Firdaus menambah daftar korban jiwa akibat kontak senjata di Intan Jaya. Tercatat, dari 14 hingga 19 September 2020, sudah enam jiwa yang melayang.

Keenam korban tersebut adalah Laode Anas, Fatur Rahman, dan Badawi yang merupakan warga sipil. Selanjutnya adalah dua prajurit TNI yakni Serka Sahlan, dan Pratu Dwi Akbar. Yang terakhir adalah seorang pendeta bernama Yeremia Zanambani.

 Baca Juga: Thinus Bahabol Menyampaikan Kendala Pasarkan Souvenir Yahukimo

Pratu Firdaus Akan Dimakamkan di Kampung Halamannya

Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB
Beritapapua.id – Pratu Firdaus Gugur Dalam Kontak Senjata Melawan KKB – Detik

Jenazah Pratu Firdaus telah dibawa ke markas Yonif 754/ENK Timika untuk disemayamkan. Rencananya, Pratu Firdaus akan dimakamkan di kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah.

Setelah disemayamkan dan dishalatkan, jenazah Pratu Firdaus diberangkatkan dari Bandara Mozes Kilangin Timika dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Sabtu siang.

Asisten Operasional (Asops) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Brigjen TNI Suswatyo yang memimpin upacara pelepasan jenazah secara militer.

Menurut Suswatyo, jenazah Pratu Firdaus akan disemayamkan terlebih dahulu di Jakarta selama semalam. Jenazah kemudian diberangkatkan ke Kebumen, Jawa Tengah, pada Minggu (8/11).

“Karena tidak ada penerbangan malam ke Yogyakarta, besok pagi baru jenazah dibawa ke Yogyakarta. Selanjutnya dibawa ke kediaman di daerah Kebumen untuk dimakamkan,” kata Suswatyo saat itu.