Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) rampung dibangun. Gedung itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Koordinator Umum PMI Billy Mambrasar mengatakan, melalui gedung ini, Papua Muda Inspiratif (PMI) akan menjalankan berbagai program serta menjadi motor pengembangan SDM pemuda di Bumi Cendrawasih. Sebanyak 30 pemuda juga akan tampil mengenakan pakaian adat saat peresmian.

Billy menegaskan, PMI ingin menunjukkan generasi emas muda Papua dengan berbagai bakat dan talenta, yang akan turut membangun Indonesia.

“Karnaval sebelum peresmian tujuannya untuk menunjukkan,¬† kita bukan hanya menyediakan bangunan PYCH, tapi bahwa manusia dan talentanya itu sudah ada, sebelum bangunannya itu jadi,” kata Billy yang juga merupakan stafsus Presiden.

Gedung YPCH yang akan diresmikan Presiden Jokowi ini memiliki gedung utama yang terdiri dari dua lantai, dan dua gedung asrama. Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan-pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi, hingga perpustakaan.

Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari ratusan orang. Ruangan ini bisa digunakan untuk pertunjukkan, keagamaan, dan lainnya.

“Kita fokusnya mendidik dan meningkatkan SDM Papua,” tegas Billy Mambrasar.

PMI akan memanfaatkan gedung ini dalam merencanakan dan melaksanakaan program kerja untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat. PMI nantinya akan berkolaborasi, mengembangkan diri dan terus menjadi motor pengembangan SDM muda di Bumi Cendrawasih.

 Adanya gedung tersebut juga untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi anak-anak muda Papua, meningkatkan kemampuan keterampilan anak-anak muda Papua dan menambah penghasilan warga Papua.

Terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Tanah Papua ini sesuai dengan Intruksi Presiden No. 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Billy menyampaikan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi serta Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, atas pembangunan Gedung PYCH tersebut.

“Terima kasih atas hadiah fasilitas ini. Kami anak Papua siap membangun Indonesia dari tanah Papua,” tuturnya.

Salah satu peserta, audisi, Cheniva Yarangga, 17, mengaku senang karena terpilih menjadi salah satu model putri. Ia bertekad akan menampilkan performa terbaiknya pada acara peresmian.

“Perasaan saya sangat senang. Saya sebenarnya sangat gugup untuk tampil dihadapan presiden, tapi saya akan memberikan yang terbaik,” tegas wanita asal Jayapura tersebut.