Presiden Jokowi Ikut Menanam Bibit Jagung Bersama Petani di Sorong
beritapapua.id - Presiden Jokoi menjajal menanam jagung di Kelurahan Klamesen, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021). (foto: Antara)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menanam bibit jagung bersama petani saat melakukan kunjungan kerja di Sorong, Papua Barat, Senin (04/10/21).

Jokowi yang terlihat ikut menanam bibit jagung bersama petani di Distrik Mariat, Kabupaten Sorong juga menyemangati warga untuk berkebun.

Dalam kunjungan kerja tersebut terlihat Jokowi hadir bersama Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan pejabat pemerintah yang lain.

Presiden beserta rombongan tiba di lahan perkebunan di Distrik Mariat pada pukul 09.25 WIT. Di lahan perkebunan itu, Presiden bersama pejabat pemerintah yang lain membantu menanam bibit jagung dan menyemangati warga.

Salah seorang warga yang bernama Yohana, mengaku senang bisa melihat langsung Presiden RI yang hadir wilayah tersebut. Karena ia mengungkap bahwa selama ini warga hanya melihat Presiden melalui layar televisi saja.

“Selama ini kami hanya melihat Bapak Presiden Joko Widodo melalui layar televisi dan hari ini kami melihat secara nyata,” ujarnya.

Jokowi dan rombongannya telah berada di Sorong sejak Minggu (03/10/21) malam untuk hadir dalam pembukaan PON di Jayapura, Papua. Selanjutnya Presiden bersama rombongan juga melakukan peninjauan terhadap penanaman jagung di wilayah tersebut.

Lahan Baru Termanfaatkan 33 Persen

Pada kesempatan tersebut Jokowi mengatakan bahwa lahan di wilayah tersebut baru termanfaatkan sekitar 33 persen.

“Di sini terdapat 11 ribu hektare tanaman jagung di seluruh provinsi serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura. Sehingga ini lahan yang sangat luas. Tapi memang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen,” ujar Jokowi di lokasi.

Baca Juga: Festival Kopi PON Papua Resmi Digelar di Terminal Mesran Kota Jayapura

Untuk itu, Ia sudah meminta kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk meningkatkan lagi produktivitas pertanian yang ada di wilayah tersebut.

“Mengubah sistem tanam dari satu kali setahun jadi 2 kali setahun atau 3 kali setahun agar kebutuhan pangan di tanah Papua bisa disiapkan oleh pulau Papua sendiri,” katanya.

Ia juga berharap bahwa petani-petani milenial bisa mendapatkan kesempatan untuk membantu di sektor pertanian di wilayah tersebut.

“Dan juga saya sangat berharap mulainya mengajak petani-petani milenial juga untuk diberikan kesempatan sebagai motor penggerak di sektor pertanian ini,” ujarnya.

Targetkan 2.000 Petani Milenial Terlatih

Jokowi juga kedepannya akan menargetkan petani milenial yang terlatih hingga 2.000 (dua ribu) orang. Dan untuk sementara, berdasarkan laporan dari menteri pertanian yang sudah mendapatkan pelatihan mencapai 800 petani.

“Saya yakin jika mereka ini diberi kepercayaan akan mampu menciptakan ketahanan pangan utamanya di provinsi papua barat dan nanti di seluruh tanah air,” kata mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Gedung Serbaguna Yonif Raider Khusus 762/VYS. Dalam agenda tersebut ia akan memantau jalannya vaksinasi di wilayah tersebut. Selain itu, Jokowi juga akan memimpin rapat dengan Forkopimda Papua Barat di Kantor Wali Kota Sorong.

Setelah semua agenda dalam kunjungan kerjanya di Sorong selesai, Jokowi dan rombongan pun dijadwalkan terbang kembali ke Jakarta lewat Bandar Udara Internasional Domine Eduard Osok, Kota Sorong.