Presiden Jokowi Meresmikan Peluncuran Papua Football Academy
beritapapua.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. (Foto: Yahoo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi meluncurkan Papua Football Academy (Akademi sepak bola Papua) di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan ingin ada legenda-legenda baru sepak bola yang lahir dari akademi sepak bola ini.

Karena Presiden Jokowi menilai, Papua memiliki potensi yang sangat luar biasa dalam dunia ohlahraga, khususnya sepak bola.

“Saya mau ada Rully Nere, Alex Pulalo, Yohanes Auri, Timo Kapisa, Aples Techuari, Boaz Solossa. Dan yang sekarang ini Ramai Rumakiek, lalu Ricky Kambuaya, yang baru lewat Papua Football Academy ini,” ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Untuk mewujudkan keingan tersebut, Jokowi memanggil Presiden Direktur (Presdir) PT. Freeport Indonesia, Tony Wenas membahas terkait potensi yang ada di Papua.

Melalui pertemuan itu lah PT. Freeport Indonesia kemudian membentuk Akademi sepak bola Papua sebagai komitmen perusahaan tambang raksasa tersebut.

“Saat itu saya sampaikan pak Tony Wenas, saya minta komitmen PT. Freeport Indonesia (PTFI) untuk membantu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Papua,” imbuh Jokowi.

Memanfaatkan Fasilitas Pasca PON XX

Selain itu, Papua Football Academy ini adalah upaya untuk merawat serta memanfaatkan fasilitas yang ada di Papua seusai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lalu.

“Saya minta fasilitas yang dipakai untuk PON bisa terawat dengan baik, serta saya juga minta dibangun akademi sepakbola dan hari ini sudah terwujud Papua Football Academy,” pujinya.

Baca Juga: Manajer Persipura Pastikan Pelatih Sudah Bisa Memimpin Tim Kontra Persiba

Sebelum peluncuran resmi oleh Presiden Jokowi, Akademi sepak bola Papua, sendiri telah membuka seleksi bagi anak-anak yang ingin bergabung. Hasilnya sekitar 477 anak mengikuti seleksi Akademi sepak bola Papua. Dari jumlah yang mendaftar terpilih 30 anak yang lolos selekasi masuk ke Papua Football Academy.

Jokowi berharap, 30 anak yang telah lolos ini untuk dibina secara maksimal agar nantinya menjadi pesepakbola profesional yang selanjutnya bisa meneruskan legenda-legenda yang ada di Indonesia serta mampu berkancah di internasional.

“Saya mau mereka ini benar-benar dibina, diperhatikan karena mereka ini nanti yang jadi penerus legenda-legenda sepak bola sebelumnya itu,” tandasnya.