Presiden Jokowi Meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat
Beritapapua.id - Presiden Jokowi Meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat - Antara

Presiden Jokowi Meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Lembaga Penyiaran Publik Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) Papua Barat yang menjadi stasiun TVRI ke-30 Indonesia. Melalui peresmian yang dilakukan secara daring, Jokowi menyampaikan harapannya agar Stasiun TVRI Papua Barat mampu melayani dan menyediakan informasi berkualitas dan positif bagi masyarakat. Jokowi mengatakan TVRI menjadi salah satu sarana untuk mengetahui wajah Indonesia dan berbagai perkembangan di dunia adalah melalui televisi.

“Kita memiliki TVRI, Televisi Republik Indonesia, melalui TVRI apa yang terjadi di Papua bisa diikuti di Sumatera, Jawa, dan sebagainya, sebaliknya apa yang terjadi di wilayah berbagai tanah air juga bisa diketahui saudara-saudara kita di Papua,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, dengan televisi masyarakat bisa mengetahui wajah Indonesia serta seluruh perkembangan pembangunan di daerah. Jokowi berharap TVRI bisa menjadi sarana pemerataan akses informasi bagi masyarakat Papua Barat, dengan menyediakan berbagai informasi yang berkualitas. Sehingga masyarakat Papua Barat memperoleh informasi yang sama dengan masyarakat daerah lain.

“Dengan kehadiran TVRI diharapkan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa mengetahui apa yang terjadi dan pembangunan yang berlangsung di Papua. Begitu pun sebaliknya, melalui TVRI diharapkan masyarakat Papua bisa mengetahui informasi yang terjadi di seluruh daerah Indonesia,” ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi berpesan agar dengan adanya TVRI di Papua Barat mampu sekaligus menjalankan perannya sebagai media pemersatu bangsa. Sebagai Stasiun TVRI yang ke-30, stasiun tersebut akan melayani masyarakat Papua dengan menyediakan berbagai informasi yang berkualitas.

“Sehingga masyarakat Papua mendapatkan akses informasi yang sama dengan masyarakat di wilayah Indonesia lainnya. Stasiun TVRI di Papua Barat teruslah bekerja jadi media pemersatu bangsa,” Ujar Jokowi.

Baca Juga: Sosialisasi Sistem Aplikasi Keabsahan Peserta PON XX Papua

TVRI Papua Barat Diharap Menjadi Sumber Informasi Masyarakat

Presiden Jokowi Meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat
Beritapapua.id – Presiden Jokowi Meresmikan Stasiun TVRI Papua Barat – Jawapos

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan secara langsung juga ikut meresmikan Gedung TVRI yang berada di Arfai, Manokwari tersebut. Gubernur Mandacan pada kegiatan tersebut menyatakan bahwa pemerintah daerah menyambut baik serta mendukung kehadiran TVRI. Dukungan itu telah diwujudkan dengan pemberian hibah berupa peralihan aset lahan dan bangunan kepada TVRI.

Gubernur Mandacan juga bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat atas perhatian yang cukup besar kepada Papua Barat selama ini.

“Semoga aset yang kami hibahkan kepada TVRI stasiun Papua Barat, dapat digunakan dengan baik dan dimanfaatkan bagi kepentingan publik di Papua Barat dalam menyajikan informasi yang kredibel edukatif sebagaimana fungsi pelayanan TVRI sebagai media pemersatu bangsa,” ucapnya.

Adapun bentuk dukungan Pemprov Papua Barat terhadap pembangunan stasiun TVRI Papua Barat melalui dihibahkannya aset Pemprov Papua Barat. Yang mana berupa lahan dan bangunan gedung dua lantai yang representatif dan strategis di sekitar lokasi perkantoran Gubernur Papua Barat kepada pihak TVRI untuk dipergunakan sesuai ketentuan yang berlaku.