Presiden Rusia Vladimir Putin Tak Segan Perang Nuklir
beritapapua.id - Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: Reuters)

Baru-baru ini Presiden Rusia, Vladimir Putin mengungkapkan dirinya tak segan untuk perang dengan siapapun. Yang paling baru, Vladimir Putin mengaku siap perang dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) jika lembaga tersebut mengganggu invasi Rusia terhadap Ukraina.

Diplomat top Rusia, Dmitry Polyanskiy menyatakan bahwa hal itu bisa saja terjadi jika Putin menganggap NATO mengganggu eksistensi negara tersebut. 

“Jika Rusia diprovokasi oleh NATO, jika Rusia diserang oleh NATO, mengapa tidak, kami adalah kekuatan nuklir,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui bahwa dalam meluncurkan nuklir, Vladimir Putin memiliki berbagai cara demi Rusia menghujani satu negara dengan nuklir. Salah satunya bahkan terdapat pada koper canggih bernama Cheget yang ia selalu bawa kemanapun ia pergi.

Baca Juga: Pembayaran Gas Rusia Dalam Rubel Jadi Bumerang Bagi Eropa

Jika dilihat dari bentuknya, Cheget tampak kuno dengan bentuk layar hitam kecil dengan beberapa tombol di dalamnya. Tombol tersebut akan mengaktifkan sebuah sistem komunikasi yang terenkripsi. Dari pesan komunikasi itulah, Vladimir Putin bisa mengirimkan nuklir ke negara manapun hanya dengan jarinya saja.

Perlu diketahui, bahwa Cheget sudah ada sejak tahun 1980-an. Dikembangkan oleh Yuri Andropov, akhirnya koper Cheget ini masuk ke dalam pemerintahan Rusia di masa kepemimpinan Mikhael Gorbachev. Di Rusia itu adalah simbol otoritas presiden. Namanya mengacu pada sebuah gunung di wilayah Kabardino Balkaria, Rusia.