Profil 3 Provinsi Baru: Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan
beritapapua.id - Resmi dilantik tiga gubernur daerah otonomi baru atau DOB Papua di Kantor Kemendagri. (Dok. Lintas Pewarta)

Pemerintah meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua, yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Peresmian dilakukan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11).

Pemekaran tiga provinsi baru di Papua itu sudah disepakati oleh DPR dan pemerintah seiring disahkannya tiga Undang-undang tentang Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan pada akhir Juni 2022 lalu.

Namun, sejumlah masyarakat Papua menolak pemekaran tiga provinsi baru ini. Mereka pun kerap melakukan aksi turun ke jalan beberapa waktu lalu.

Papua Selatan

Pemekaran Papua Selatan berdasarkan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan.

Provinsi Papua Selatan berasal dari sejumlah wilayah di Papua, meliputi Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat. Ibu Kota Papua Selatan berada di Kabupaten Merauke.

Papua Selatan berbatasan dengan sejumlah daerah. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Nduga, Kabupaten Yahukimo, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Arafura, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Mimika dan Laut Aru.

Provinsi Papua Selatan nantinya akan dipimpin oleh seorang gubernur definitif hasil Pemilu 2024. Namun, guna mengisi kekosongan pemerintahan, pemerintah menunjuk Apolo Safanpo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan.

Papua Tengah

Sama seperti Papua Selatan, pemekaran Papua Tengah merupakan amanat UU Nomor 15/2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah yang diteken akhir Juni lalu.

Papua Tengah terdiri dari delapan kabupaten, antara lain; Kabupaten Nabire, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Deiyai. Ibu Kota Provinsi Papua Tengah berada di Kabupaten Nabire.

Baca Juga: Prajurit TNI Kena Tembak, Pasukan Pengamanan Gereja Diserang KKB

Papua Tengah juga berbatasan dengan sejumlah daerah. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Teluk Cendrawasih.

Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Asmat. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Aru serta sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

Untuk sementara, Provinsi Papua Tengah akan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Ribka Haluk sampai terpilih gubernur definitif pada Pemilu 2024.

Papua Pegunungan

Pemekaran Provinsi Papua Pegunungan merupakan amanat dari UU/16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Provinsi ini sementara akan dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Nikolaus Kondomo yang baru saja dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian. Ia akan menjabat sampai gubernur definitif terpilih pada 2024.

Provinsi ini meliputi sejumlah wilayah, yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lanny jaya, dan Kabupaten Nduga. Ibu Kota Papua Pegunungan berada di Kabupaten Jayawijaya.

Provinsi ini memiliki batas daerah, yakni sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.

Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat. Serta, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Mimika.