Proses Pengolahan Minyak Mentah
Proses Pengolahan Minyak Mentah dan Gas Alam

Industri hilir migas dapat diartikan sebagai proses pengolahan minyak mentah maupun gas alam sampai pada tahap pemasaran hasil produksi, proses ini meliputi pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan niaga (pemasaran). Pengolahan adalah kegiatan memurnikan, memperoleh bagian-bagian, mempertinggi mutu, dan mempertinggi nilai tambah minyak bumi atau gas bumi. Kegiatan-kegiatan tersebut terdiri dari:

  1. Pengangkutan, proses pengangkutan pada industri hilir migas merupakan kegiatan pemindahan minyak bumi dan gas bumi atau hasil olahan dari wilayah kerja atau dari proses sebelumnya yaitu eksplorasi dan eksploitasi Proses pengangkutan biasanya menggunakan kapal atau melalui pipa transmisi dan distribusi yang dibuat sebelumnya dari wilayah kerja ke tempat pengolahan.
  2. Pengolahan, pada tahap kedua di industri sektor hilir migas adalah tahap pengolahan, pada dasarnya proses pengolahan untuk memurnikan menyak mentah, proses pengolahan minyak mentah dilakukan pada area yang sering disebut dengan kilang minyak atau refinery unit (disingkat RU) yang terdiri dari berbagai macam jenis peralatan pengolahan serta teknologi di dalamnya. Proses pengolahan akan menghasilkan berbagai jenis produk bahan bakar maupun produk setengah jadi.
  3. Penyimpanan, kegiatan penyimpanan meliputi proses penerimaan, pengumpulan dan penampungan minyak bumi dan gas alam serta hasil olahan lainnya. Lokasi penyimpanan untuk hasil olahan bisa saja berada di bawah tanah maupun di atas permukaan dengan menggunakan tangki yang sesuai dengan karakteristik bahan yang diolah di dalamnya.
  4. Kegiatan Niaga (Pemasaran), kegiatan pemasaran merupakan tahap akhir pada bisnis hilir atau industri hilir migas dimana proses ini juga menjadi ujung dari industri minyak dan gas karena terdiri dari pembelian, penjualan, ekspor dan impor minyak bumi dan gas bumi serta hasil olahan lainnya.

Baca juga: Taman Nasional Teluk Cenderawasih Keindahan Menakjubkan Papua

Kegiatan pengangkutan migas merupakan kegiatan pemindahan minyak bumi, gas bumi, dan atau hasil olahan dari wilayah kerja atau dari tempat penampungan dan pengolahan, termasuk pengangkutan gas melalui pipa transmisi dan distribusi.