PSSI
PSSI akan Bantu Persipura Berlaga di AFC

PSSI akan Bantu Persipura Berlaga di AFC – Fans klub sepak bola Mutiara Hitam ini pasti tahu kabar terakhir dari Persipura. Pasalnya, kesebelasan asal negeri di timur Indonesia ini sedang krisis. Mereka kesulitan dana lantaran terdampak pandemi sehingga terancam bubar.

Kendati demikian, fans Persipura tak perlu berkecil hati. Masih ada kemungkinan untuk klub Mutiara Hitam kembali berlaga pada ajang yang bergengsi, yakni Piala AFC 2021 Mei mendatang.

“Saya mengajak masyarakat Papua untuk kita bersama-sama mendoakan semoga ada jalan keluar yang baik untuk Persipura bisa berlaga di AFC Cup. Karena saya yakin semua masyarakat dan Persipura Mania semua sudah tidak sabar melihat klub kebanggaannya berlaga kembali,” ungkap Tinus Pae, bek kanan Persipura, mengutip dari indosport.

Terkait hal tersebut, PSSI akan berusaha untuk mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Persipura. Pasalnya, sejak Januari Persipura sudah tidak lagi latihan. Terlebih, terdapat kabar bahwa mereka sepakat untuk membubarkan tim.

Jika Persipura memutuskan untuk tidak ikut tanding, maka ini menjadi hal buruk bagi PSSI. AFC akan mempertimbangkan kembali untuk memberikan jatah 2 klub dalam ajang ke depannya jika memang Persipura tidak ikut berlaga.

’’Dalam situasi pandemi Covid-19 dengan ketidakpastian yang cukup tinggi seperti saat ini, yang bisa dilakukan PSSI adalah berkomunikasi dengan para anggotanya, termasuk Persipura,’’ ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

’’Bersama-sama kami akan mencarikan solusi terbaiknya seperti apa,’’ imbuhnya.

Hingga saat ini, manajemen Persipura masih tutup mulut. Tidak ada kabar dari Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano, maupun Sekretaris Umum Rocky Bebena.

Berlaga di AFC, Persipura akan Mulai Tanding Juni Mendatang

Baca juga: Bersedekah Membuka Pintu Rezeki

Jika Persipura setuju untuk berlaga di AFC Cup, maka kemungkinan mereka akan bertemu dengan Lalenok United, klub asal Timur Leste, atau Visakha klub asal Kamboja. Kedua tim tersebut merebutkan pertandingan untuk melawan tim Mutiara Hitam.

Jika Lalenok United yang maju sebagai lawan Mutiara Hitam, maka pertandingan akan cukup menantang. Pasalnya, ada 2 pemain Indonesia yang memperkuat klub asal Timor Leste itu.

Persipura akan bergabung pada Grup H Piala AFC 2021 bersama dengan Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura). Rencananya, pertandingan babak grup akan dihela pada 22-28 Juni mendatang.

Nantinya, Saigon FC, sebagai tuan rumah piala AFC akan berlaga pada Grup H. Saat ini, pihaknya masih menunggu respons dari Federasi Sepakbola Veitnam (VFF) dan induk sepak bola Asia (AFC).

“Kami sedang menyiapkan dokumen untuk menjadi tuan rumah pertandingan Grup H dengan Departemen Hubungan Internasional VFF. Prosesnya sedang ditinjau, klub Saigon menunggu jawaban dari semua pihak,” kata Presiden klub Saigon, Tran Hoa Binh mengutip dari indosport.