PSU Kabupaten Teluk Wondama Berjalan Lancar dan Aman
Masyarakat saat melakukan pemungutan suara ulang (foto : antara)

Pelaksanaan pemungutan suara ulang atau PSU Pilkada serentak 2020 di kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat berjalan lancar dan aman. PSU yang terlaksana pada 8 April ini memang sangat berjalan sesuai yang para pihak harapkan. Yang mana PSU berlansung sangat lancar dan aman terkendali tanpa adanya hal-hal yang melanggar hukum terlihat.

Ketua KPU Teluk Wondama, Monika Elsy Sanoi yang saat berada di Wasior, Jumat, mengatakan bahwa pelaksanaan PSU Pilkada 2020 pasca putusan Mahkamah Konstitusi melaksanakannya dengan lancar dan aman pada 8 April 2021 sore hari.

Ia mengharapkan peserta Pilkada menerima hasil pelaksanaan PSU tersebut sebab sudah melaksanakannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu tiap pihak-pihak harus dapat menerima hasil apapun dengan besar hati. Tanpa harus adanya gesekan antara satu sama lain.

3 TPS Teluk Wondama Telah Selesaikan Perhitungan Suara PSU

Sementara itu kemarin sudah ada tiga dari empat TPS di Distrik Wasior yang melakukan PSU telah menyelesaikan perhitungan suara yakni TPS 09 Kampung Maniwak, TPS 04 Kampung Maniwak dan TPS 14 Kampung Maniwak. Untuk TPS lainnya masih tertunda dan menunggu hasil perhitungan suara.

Seperti TPS 05 di Kampung Wasior II masih tertunda karena Bawaslu merekomendasikan pencermatan ulang terhadap data pemilih.

Baca Juga : DPRP Tegaskan Fokus Papua Saat Ini Adalah PON Bukan Merevisi Otsus

Hasil perhitungan suara pada 3 TPS itu menunjukkan Pasangan Elysa Auri-Fery Auparay (A2) unggul dengan raihan total 250 suara.

Sementara Pasangan Hendrik Mambor-Andarias Kayukatuy (HEMAT) mengumpulkan 204 suara atau berselisih sebanyak 46 suara.

Dengan hasil yang ada pasangan HEMAT mengklaim bahwa mereka masih memimpin porelahan suara sementara untuk saat ini.

“Pasangan HEMAT memiliki 5.387 suara dan Pasangan Auri-Fery mengumpulkan 5.099 suara. Dengan demikian jika ditambahkan dengan perolehan dari 3 TPS yang melakukan PSU tersebut maka pasangan Auri-Fery mendapat 5.349 suara dan pasangan HEMAT unggul dengan perolehan suara menjadi 5.591 suara,” kata ketua relawan pasangan HEMAT Ridas Wambrau.

Ridas menambahkan bahwa pihaknya optimistis akan tetap unggul dalam perolehan suara meski harus ada PSU di 4 TPS. Ia percaya dukungan rakyat Wondama terhadap HEMAT tetap akan tinggi kendati pemilihan harus diulang.