Pulau Rumberpon, Serpihan Surga Di Papua Barat
beritapapua.id - Pulau Rumberpon, Serpihan Surga Di Papua Barat - khajock.wordpress.com

Pulau Rumberpon berada di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan dengan kapal dari Manokwari. Pulau ini memiliki pantai yang disebut dengan Pantai Pasir Panjang karena memang garis pantainya sangat panjang mencapai 6 km. Di tempat wisata ini, kalian bisa melakukan kegiatan andalan seperti menyelam, snorkeling, berenang dan memancing. Jika ingin pengalaman berbeda, cobalah mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain pulau ini. Kalian juga bisa ke padang alang-alang untuk melihat burung rusa di sini.

Berbicara parawisata Papua memang tak akan pernah ada habisnya, mungkin benar kata orang bilang, “Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi”. Jika Raja Ampat merupakan salah satu serpihan surga Papua, maka serpihan-serpihan selanjutnya masih sangat banyak di tempat lain untuk menjadikan Papua benar-benar ‘surga’, salah satunya Pulau Rumberpon di Papua Barat. Pulau ini berada di sebelah utara Kabupaten Teluk Wondama atau berada di Selatan Kabupaten Manokwari. Jika dilihat pada peta, Pulau Rumberpon akan nampak dekat perbatasan kedua wilayah ini.

Baca Juga: Persiapan Papua Menjadi Tuan Rumah PON 2020

Keindahan Pulau di Tanah Papua yang Menyenangkan

Pulau Rumberpon menawarkan suasana yang tenang, baik pulaunya maupun suasana air laut. Membuat pengunjung yang datang kesana seperti berada di pulau pribadi. Salah satu kelebihan pulau ini adalah terdapat beberapa objek untuk pengambilan gambar atau melakukan sesi pemotretan seperti di Pantai Panjang, pantai dengan pasir putih yang halus, juga padang ilalang serta hutan manggrove di sisi-sisi pulau yang menambah cantik pemandangan Pulau Rumberpon.

Banyak aktifitas pengunjung di Pulau Rumberpon dapat dihabiskan dengan bersantai menyusuri pantai, snorkeling, menyelam, bermain ski air, berselancar, hingga memancing pun dapat dilakukan. Biota-biota laut seperti terumbu karang masih sangat alami disana dan tersebar hampir di sekeliling pulau.

Keunikan lain Pulau Rumberpon karena memiliki hewan langka burung rusa (cervus timorensis), kuskus, elang laut dan ikan duyung yang akan menambah keceriaan jika berlibur kesana. Dari Pulau Rumberpon kalian juga bisa mengunjungi salah satu pulau terdekat yaitu Pulau Misowaar yang memiliki keindahan serupa. Hanya saja, di Pulau Misowaar terdapat sumber air panas dengan kandungan belerang yang dipercaya ilmu medis mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.

Ingin melihat indahnya serpihan surga? Yuk, ke Pulau Rumberpon!. SS