PUPR Berhasil Selesaikan Pembangunan 50 Unit Rumah Khusus di Gorontalo
beritapapua.id - rumah khusus (rusus) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. (Dok. Kementerian PUPR)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah berhasil menyelesaikan pembangunan 50 unit rumah khusus (rukus) yang berlokasi di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Sebanyak 50 unit rumah tersebut memakan biaya sebesar Rp6.07 miliar. Pembangunan rukus tersebut [diperuntukan] bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pemerintah terus fokus membangun infrastruktur dan perumahan untuk memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat termasuk di daerah. Kehadiran rumah yang layak dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (25/4/2022).

Kementerian PUPR sendiri telah memiliki berbagai program perumahan yang telah terlaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perumahan. Hal tersebut bertujuan guna menunjang dan membantu pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat. Tujuan tersebut [dicapai] melalui Program Sejuta Rumah, dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan baik pemerintah daerah, pengembang, perbankan dan masyarakat.

“Kami (Diretorat Jenderal Perumahan-red) memiliki program pembangunan rumah susun sebagai sarana hunian vertikal, penyaluran bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk rumah bersubsidi, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang sering [disebut] Bedah Rumah oleh masyarakat dan pembangunan rumah khusus. Kami berharap, setiap masyarakat di Indonesia bisa menghuni rumah yang layak huni,” harapnya.

Serah Terima Pengelolaan Penghunian Rusus MBR

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Recky W. Lahope menerangkan, pihaknya telah melaksanakan proses serah terima pengelolaan penghunian Rusus MBR tersebut kepada pemerintah daerah setempat.

Prosesi serah terima [ditandai] penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) pengelolaan Rususyang dan [dilaksanakan] oleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I, Recky W. Lahope kepada Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga.

Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, Alwi Mahdali menghadiri kegiatan tersebut serta [didampingi] Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Susun dan Rumah Khusus, Faharuddin dan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Pohuwato, Fadli Sanad serta masyarakat penerima bantuan.

Baca Juga: Platform Indonesia Health Service Terintegrasi dengan BPJS Kesehatan

Melansir dari suara.com, berdasarkan data yang [dihimpun] dari Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, rusus bagi MBR tersebut [dibangun] di Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. Rusus [dibangun] dengan tipe 28 couple serta telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitasnya seperti jalan paving dan saluran drainase.

“Bantuan rumah khusus ini [diperuntukkan] bagi masyarakat berpenghasilan rendah di daerah Pahuwato dan dapat [dikelola dan dimanfaatkan] dengan sebaik-baiknya. Total anggaran pembangunan mencapai Rp6,07 miliar,” kata Recky W Lahope.

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyatakan, pihaknya mengucapkan terima kasihnya kepada [Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR] yang telah membangun rumah khusus untuk masyarakatnya.

“Rusus ini akan [dihuni] masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mencari nafkah bagi keluarganya,” ujarnya.