Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan
Beritapapua.id - Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan - IDN TImes

Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan – Ketika mendengar kalimat ‘makanan khas Papua’, maka tak sedikit orang yang langsung membayangkan papeda. Sebuah bubur kental berbahan dasar sagu yang rasanya tawar namun sedikit gurih. Namun, makanan Papua bukan hanya papeda.

Masyarakat Papua memang terkenal dengan kemampuannya hidup di alam lepas. Hal ini mempengaruhi khazanah makanan tradisional mereka. Selain bahannya yang alami, rasanya pun khas. Juru masak ternama asal Papua, Charles Toto, menyebut makanan khas Papua memiliki cita rasa yang unik.

Salah satu keunikan makanan tradisional Papua adalah rasanya yang klasik. Tidak terlalu kuat pada bumbu tambahannya, namun tetap nikmat dan kaya akan nutrisi. Rasa yang klasik maksudnya adalah makanan Papua tak banyak mengandung bumbu tambahan. Rasa makanan mereka apa adanya.

Penasaran apa saja makanan tradisional Papua? Berikut 7 makanan khas masyarakat Indonesia Timur itu.

Baca Juga:Terawan Urus Vaksin Gratis, Erick Thohir Urus Yang Berbayar

1. Papeda

Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan
Beritapapua.id – Papeda – MerahPutih

Siapa yang tak kenal papeda? Hampir seluruh orang Indonesia tahu bahwa papeda adalah makanan khas orang Papua. Salah satu sebabnya adalah masyarakat Papua yang hidup sangat dekat dengan pohon sagu. Oleh karenanya, mereka sangat pandai dalam mengolah sagu.

Selain itu, sagu terkenal akan kekayaan nutrisinya. Salah satu kebaikan papeda adalah proteinnya yang sangat tinggi. Ini menjadi asupan nutrisi yang luar biasa bagi masyarakat Papua sehingga mereka kuat dalam beraktivitas.

2. Sambal Colo-colo

Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan
Beritapapua.id – Sambal Colo-colo – Pegi Pegi

Masyarakat Papua punya sambal yang namanya sambal colo-colo. Meski sebagian orang menyebut sambal ini berasal dari maluku, namun tak sedikit orang Papua yang gemar menyantap sambal ini.

Sambal ini terdiri dari berbagai macam bahan. Mulai dari cabe rawit, bawang merah, tomat mangkal, garam, kaldu jamur, hingga jeruk nipis. Tak sedikit yang menambahkan tomat pada sambal ini. Rasanya pedas bercampur asam dari jeruk nipis. Biasanya, masyarakat Papua menyantap sambal ini tanpa kecap. Klasik!

3. Udang Selingkuh

Ragam Makanan Khas Papua Beserta Gambar dan Penjelasan
Beritapapua.id – Udang Selingkuh – Ini Online

Udang merupakan komoditas unggulan warga Papua. Biasanya, mereka yang tinggal dekat dengan teluk punya udang dengan kualitas yang baik. Misal, Papua Barat. Udang yang mereka sajikan berukuran besar dan rasanya sangat lezat.

Salah satu olahan udang khas Papua adalah udang selingkuh. Nama tersebut berasal dari bentuk udang yang besar dengan capit kepiting pada udang tersebut. Kesannya, udang ini selingkuh dengan kepiting yang akhirnya memiliki keturunan udang bercapit. Biasanya, warga mengolah udang ini dengan cara membakarnya atau merebus. Atau, mereka menambah bumbu asam manis sehingga ikan ini semakin lezat.

4. Cacing Tambelo

Cacing Tambelo
Beritapapua.id – Cacing Tambelo – Kompas

Kalau yang ini mungkin masuk dalam kategori makanan ekstrem. Cacing tambelo merupakan makanan tradisional Suku Kamoro, Timika, Papua. Biasanya, makanan ini muncul kala merayakan festival Suku Kamoro. Namun, tak jarang masyarakat Kamoro memakan cacing ini di luar festival.

Untuk menyantap cacing ini, warga biasanya hanya memotong kepalanya dan membersihkan isi dari cacing tambelo. Meski terlihat tak lazim, namun rasanya boleh jadi membuat orang ketagihan. Selain itu, khasiat dari cacing ini luar biasa. Cacing tambelo memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kemudian, masyarakat Kamoro juga mengonsumsi cacing tambelo untuk meningkatkan vitalitas pria.

5. Sagu Sep

Sagu Sep
Beritapapua.id – Sagu Sep – Youtube

Jangan sangka Papua tak punya pizza. Ya, masyarakat Merauke, Papua, punya pizza ala warga timur Indonesia. Mirip dengan makanan asal Italia itu, sagu sep merupakan adonan berbahan dasar sagu dan kelapa.

Kemudian, masyarakat meletakkan adonan tersebut secara memanjang untuk kemudian diberikan topping. Biasanya, masyarakat menggunakan daging rusa, ulat, atau babi untuk menyantap sagu sep. Mirip pizza, bukan?

6. Ulat Sagu

Kuliner Papua Sate Ulat Sagu
Beritapapua.id – Ulat Sagu – KMS Tour

Mulai dari batang, daun, hingga ulatnya, masyarakat Papua benar-benar memanfaatkan pohon sagu. Mereka kerap menjadikan ulat sagu sebagai panganan mereka sehari-hari. Ulat ini mengandung asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9 dan protein. Tentu sebuah makanan yang kaya nutrisi.

Biasanya, masyarakat Papua mengolah ulat sagu dengan cara membakarnya. Kemudian, mereka menambah sedikit garam dan menyusun mereka layaknya sate. Rasanya gurih, bahkan lebih gurih dari daging ayam. Ketika menggigit bagian perutnya, maka ada cairan manis yang membuat hidangan ini semakin berwarna.

7. Aunu Senebre

Aunu Senebre
Beritapapua.id – Aunu Senebre – Merah Putih

Ini adalah makanan yang masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 sebagai kategori Makanan Tradisional Terpopuler. Aunu Sanebre, namanya. Ini adalah nasi ikan teri yang kemudian digoreng dan dikukus dengan daun talas. Setelah selesai melalui proses kukus, aunu sanebre ditaburi parutan kelapa. Paduan teri dan kelapa merupakan warna yang khas dari makanan ini.