Rawa Biru, Merauke, Jadi Daerah Wisata Demi Ekonomi
Beritapapua.id - Rawa Biru, Merauke, Jadi Daerah Wisata Demi Ekonomi - Pigijo

Rawa Biru, Merauke, Jadi Daerah Wisata Demi Ekonomi – Bukan rahasia umum jika akhirnya Rawa Biru menjadi daerah wisata. Wilayah itu memiliki banyak aspek yang menunjangnya sebagai tempat singgah pelancong. Mulai dari sejarah, alam yang indah, hingga sumber daya alam melimpah.

Sudah sejak dahulu, Danau Biru di ujung Kampung Rawa Biru menjadi tulang punggung kehidupan warga. Danau seluas 413.810 hektar menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Merauke. Di sana, terdapat pompa air dan sebuah cekungan untuk menampung air merupakan peninggalan belanda. Rawa Biru juga berperan dalam menjaga keseimbangan alam. Ia mampu menampung air hujan agar tidak banjir, konservasi air, hingga memelihara iklim secara lokal.

Masyarakat yang hidup di sekitar Danau Biru sangat bergantung pada alam. Penduduk asli Kampung Rawa Biru merupakan masyarakat yang arif. Suku Marind dikenal dengan kepercayaannya dalam menjaga alam. Dalam sebuah artikel penelitian, mereka menganggap alam adalah keluarga mereka yang perlu dijaga. Tak ayal jika alamnya asri nan indah.

Baca Juga: Sungai Kuning: Kisah Banjir yang Merenggut Jutaan Jiwa

Dongkrak Ekonomi di Tengah Pandemi

Rawa Biru, Merauke, Jadi Daerah Wisata Demi Ekonomi
Beritapapua.id – Rawa Biru, Merauke, Jadi Daerah Wisata Demi Ekonomi – Kumparan

Saat ini, Masyarakat bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas Kampung Rawa Biru untuk melakukan pemugaran. Hal itu untuk mendongkrak nilai pariwisata Kampung Rawa Biru.

“Sudah sepantasnya Rawa Biru dilestarikan demi anak cucu. Pembuatan lokasi wisata keluarga di Rawa Biru tepat berada di rumah seorang warga setempat, Marwan. Pemandangannya indah dan kami telah membuat spot untuk berfoto,” jelas Bripka Lutfi, Bhabinkamtibmas Kampung Rawa Biru, dikutip dari kumparan. Senin (14/09/202).

Warga antusias dengan keputusan tersebut. Marwan salah satunya. Ia menyebut hal ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. Walaupun begitu, ia menyebut protokol kesehatan sebagai prioritas utama.

“Kami tetap mengimbau kepada warga yang datang ke lokasi ini patuh pada protokol kesehatan,” kata Marwan.

Ke depannya, warga akan membangun tempat penginapan untuk wisatawan. Selanjutnya, masyarakat secara swasembada akan membangun tempat singgah agar pelancong dapat menikmati bermalam di alam indah Kampung Rawa Biru.

Bagaimana, tertarik untuk pergi ke sana?