Relawan Pemuda Peduli Covid-19 Teluk Bintuni Lakukan Penyemprotan
beritapapua.id - Relawan Pemuda Peduli Covid-19 Teluk Bintuni Lakukan Penyemprotan - Klik Papua

Upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di seluruh  Indonesia terus dilakukan. Termasuk di Kabupaten Teluk Bintuni. Seperti yang dilakukan Relawan Pemuda Peduli Covid-19 Kabupaten Teluk Bintuni. Puluhan pemuda yang tergabung dalam relawan tersebut melakukan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa titik.

Sebelumnya, relawan ini juga sudah melakukan aksi pembagian masker gratis kepada masyarakat yang melintasi lampu merah kampung lama dan pasar.Selain itu, mereka juga membagikan selebaran pencegahan Covid-19 dan sosialisasi secara verbal melalui pengeras suara.

Aksi kemanusiaan ini dikoordinir oleh Napoleon Elwarin yang didampingi Koordinator Lapangan, Semy Refra, Senin (27/4/2020). Napoleon kepada wartawan di selah selah aksi kemanusiaan menjelaskan, kegiatan ini dilakukan atas dasar kemanusiaan. “Kami sekelompok anak mudah merasa terpangil akibat virus Corona yang melanda negeri ini, sehingga melakukan insiatif bhakti sosial mulai dari pembagian masker, selebaran dan imbauan melalui mobil penerangan beberapa hari lalu. Maka hari ini dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan,” tuturnya.

Baca Juga: 16 Orang di Papua Barat Positif Covid-19

Penyemprotan Disinfektan untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19

Semua ini menurut Napo –panggilan akrabnya–, tidak lain hanya untuk mengurangi penyebaran Covid-19. “Dan kami merasa berkewajiban ikut membantu pemerintah sehingga langsung melakukan aksi kemanusiaan ini di lapangan,” katanya.

Aksi kemanusiaan yang dilakukan ini juga untuk mengungah hati dan pikiran pihak lain yang memiliki kelebihan untuk melakukan hal yang sama. “Hari ini kegiatan pemuda peduli Covid-19, maka besok atau lusa kita harapkan relawan atau kelompok kelompok lain melakukan hal yang sama, agar kita semua merasa bagian dari keluarga besar Teluk Bintuni,”harap Napo.

Kepala BPBD Teluk Bintuni, Melianus Naa mengapresiasi aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh Pemuda Peduli Covid19 Teluk Bintuni. “Covid-19 belum pasti kapan selesainya, sehingga masyarakat jangan menganggap remeh wabah ini. Semua stakeholder harus saling bahu membahu secara serius agar penyakit mematikan ini cepat berakhir,” tuntasnya.

Dari pantauan di lapangan, penyemprotan disinfektan yang dilakukan Relawan Pemuda Peduli Covid-19 ini dibeberapa titik, di antaranya, SAM 1, Kampung Tolak, Gaya Baru,pensiunan, pelayaran, Telkom, wilayah kilometer 2 dan beberapa tempat lainnya.