Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun
beritapapua.id - Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun - Kompas

Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, menggelar ‘Karya Kreatif Jawa Barat’ (KKJ) 2020. Acara tersebut diadakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Provinsi Jawa Barat pada Selasa 11/8/2020. Saat memberikan pidato, Pria yang akrab disapa Emil ini menarik perhatian dengan mengenakan jaket berbahan tenun koleksi dari merek Rawtype Riot.

Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun
beritapapua.id – Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun – MSN

Decky Sastra selaku pendiri Rawtype Riot juga pernah membuat jaket Bubur Ayam Racer yang dipakai Presiden Joko Widodo. Decky mengatakan kala itu ia terinspirasi dari jaket sukajan Jepang. Sukajan adalah istilah untuk jaket buatan tangan yang menjadi souvenir ketika prajurit AS berpangkalan di Jepang. Sang desainer memang menyukai desain pada era vintage atau perang dunia II terutama Jepang dan Amerika Serikat, terutama budaya Jepang tahun 1960-1970an.

Dalam pagelaran KKJ tersebut, awalnya Decky sempat ragu karena penghasil tenun di Jabar rata-rata sudah tua. Namun ia ingin membuat produk dari tenun yang bergaya anak muda dengan menggabungkan bahan kanvas, satin, dan tenun. Di bagian luar jaket, Decky menggabungkan teknis jahit manual (kecos), bordir manual, dan sablon.

Untuk jaket Kang Emil sendiri, di bagian dada terdapat bordir burung elang Jawa sebagai simbol Garuda Indonesia. Kemudian di bagian tangan terdapat macan putih yang identik degan kegagahan Prabu Siliwangi. Sedangkan di bagian belakang, terdapat gambar Gunung Tangkuban Perahu.

Baca Juga: Virus Corona Bukanlah Konspirasi Belaka

Kain Tenun Indonesia yang Memukau Mata Dunia

Dari beragam warna dan corak yang dimiliki kain tradisional Indonesia ini memiliki makna tersendiri. Keunikan warna-warni kain tradisional ini dilirik banyak orang, tak hanya masyarakat Indonesia, namun juga mancanegara. Karena itu pula kekayaan budaya Indonesia memang merupakan anugerah yang tak bisa digantikan.

Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun
beritapapua.id – Ridwan Kamil, Menarik Perhatian dengan Jaket Tenun – DBS Bank

Kain tenun memiliki ciri yang khas dan hingga saat ini masih dibuat dengan menggunakan alat tradisional agar tetap mempertahankan kualitas dan keaslian budaya setempat. Seperti Tenun Ulos yang merupakan kain khas masyarakat Batak di Sumatera Utara yang biasanya kerap digunakan untuk acara pernikahan maupun acara besar lainnya.

Perbedaan kain ulos dengan jenis kain tenun lainnya terletak pada pemilihan warnanya. Biasanya lebih dominan menggunakan warna merah, hitam, dan putih. Meskipun ada juga kain ulos yang memiliki warna lainnya yang lebih beragam.

Selain itu ada Kain tradisional Indonesia khas masyarakat Minangkabau dan Melayu ini  ditenun dengan memakai tangan menggunakan benang perak dan benang emas. Istilah songket sendiri berasal dari cara pembuatannya yang disungkit. Dalam bahasa Melayu, arti kata tersebut adalah mengait.