Ridwan Kamil Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19
beritapapua.id - Ridwan Kamil Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 - Pikiran Rakyat

Ridwan Kamil Menjadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 – Proses uji klinis vaksin Covid-19 masih berlangsung. Hal itu pun mendapat respon positif dari masyarakat yang ikut berpartisipasi sebagai relawan terhadap proses uji klinis vaksin Covid-19. Ketua Tim Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Kusnandi Rusmil mengatakan sekitar 800 orang sudah mendaftar sebagai relawan. Bahkan nama-nama seperti Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. Juga ikut masuk dalam daftar nama relawan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mengajak warga Jawa Barat, untuk berperan aktif dan bersedia menjadi relawan uji klinis fase ketiga vaksin buatan Sinovac Biotech tersebut. Yang mana saat ini sedang dikerjasamakan dengan Bio Farma dan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Ridwan Kamil memastikan juga bahwa vaksin Sinovac tersebut telah aman. Sebab sebelumnya telah melalui tahap uji klinis fase satu dan dua di Tiongkok. Dan saat ini akan dilakukan proses uji klinis fase ketiga yang melibatkan beberapa negara, termasuk Indonesia. Penelitian pada tahap ketiga ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan tingkat efektivitas kinerja virus meningkatkan kualitas pertahanan tubuh dari paparan virus corona.

Baca Juga: Akhirnya Anita Kolopaking Penuhi Panggilan Bareskrim

Prosedur Pemberlakuan Uji Klinis Vaksin

Nantinya para relawan yang mengikuti uji klinis tersebut terlebih dahulu harus lolos dalam seleksi persyaratan yang harus dipenuhi. Dimana salah satu persyaratannya para relawan tersebut haris berdomisili di Kota Bandung. Seperti melakukan tes darah dan tes usap untuk bisa menjadi subjek uji klinis. Agar nantinya dapat dengan mudah dilakukan proses pemantauan yang berlangsung selama enam bulan.

Teknis uji klinis para relawan nantinya akan disuntik dua kali dalam rentang waktu 14 hari. Pertama relawan akan disuntik plasebo dan 14 hari kemudian akan disuntikkan vaksin. Setelah itu secara berkala akan dipastikan pula kondisi mereka setelah disuntik vaksin.

Adapun pendaftaran tersebut sampat saat ini masih dibuka, dengan target relawan sebanyak 1.620 orang. Dan untuk uji klinis, rencananya akan dimulai di enam tempat berbeda pada 11 Agustus 2020. Yakni pada enam fasilitas kesehatan, diantaranya FK Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Dago, Puskesmas Cimbeuleuit, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Sukapakir.

Terkait pendaftaran relawan uji klinis, dapat dilakukan dengan cara mendaftar ke Clinical Research Unit Departement Ilmu Kesehatan Anak, di RSUP Hasan Sadikin. Ataupun dengan menghubungi nomor kontak 022-2034471 dan 08112214235.