Riza Patria Resmi Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta
beritapapua.id - Riza Patria Resmi Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta - Indozone.id

Riza Patria Resmi Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta – Teka-teki tentang siapa yang akan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta kini menemui titik terang. Sejak ditinggalkan oleh Sandiaga Uno pada tahun 2018 lalu, posisi Wakil Gubernur Ibu Kota terjadi kekosongan, hal ini dikarenakan Sandiaga Uno pada saat itu memutuskan mundur dari posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta lantaran mengikuti Pilpres 2019-2024.

Namun kini, politikus Parta Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ahmad Riza Patria akhirnya terpilih untuk mengisi kekosongan posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Kepastian tersebut diperoleh dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta terkait pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta di gedung DPRD DKI Jakarta pada Senin 6 April 2020.

Dalam pemungutan suara tersebut, Riza Patria dipastikan terpilih usai memenangi voting para anggota DPRD DKI Jakarta. Dimana ia memperoleh 81 suara, sedangkan pesaingnya Nurmansjah Lubis yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hanya memperoleh 17 suara. Jumlah suara sah 98, sedangkan yang tidak sah 2 suara. Dengan demikian total suara sah sebanyak 100 suara.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sebagai pemimpin jalannya persidangan kemudian mengesahkan Riza sebagai Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta yang akan menemani Anies Baswedan hingga tahun 2022 mendatang.

“Berdasarkan hasil perhitungan suara wagub sisa masa jabatan, menetapkan saudara Ir Ahmad Riza Patria menjadi wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022,” kata Prasetyo seperti dilansir dari cnnindonesia.com

Karena terdapat suara yang tidak sah, Prasetyo kemudian meminta persetujuan pada peserta sidang lainnya.

“Apakah saudara-saudara dapat menerima dan menyetujui hasi perhitungan suara dan saudara Ahmad Riza Patria ditetapkan sebagai Wakil Gubernur 2017-2022. Untuk Keputusan DPR dapat disetujui?” kata Prasetyo yang dijawab pernyataan setuju.

Untuk selanjutnya, kata Prasetyo, hasil rapat paripurna ini akan disampaikan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga: Polisi Bisa Tindak Masyarakat yang Berkerumun

Protap Khusus

Sebagaimana protokol pencegahan penyebaran virus Corona, meja dan kursi untuk anggota ditata untuk satu orang. Terdapat 6 baris meja, yang mana setiap meja hanya untuk satu orang saja.

Susunan kursi pun dibuat secara zig-zag di setiap barisan. Sehingga membuat jarak cukup luas dalam menyikapi anjuran jaga jarak fisik. Pemilihan ini juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dia mengenakan masker hitam pada rapat paripurna tersebut.

Selain itu, kedua calon Wagub DKI yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria turut hadir. Saat rapat paripurna dimulai, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Farazandi Fidinansyah menyatakan pemilihan wagub tersebut dilakukan secara terbuka.