Rok Rumbai
Beritapapua.id - Rok Rumbai, Ciri Khas Pakaian Adat Wanita Daerah Papua

Papua adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya yang unik. Salah satunya pakaian adat wanita, Rok Rumbai. Mengapa unik? Sebab banyak sekali budaya dari mereka yang bisa dibilang anti mainstream. Hal itu terjadi karena mereka masih sangat berpegang teguh dengan ajaran leluhur terdahulu. Satu contoh yang paling mencolok adalah dari tampilan pakaian adat yang mereka miliki. Bisa kita lihat bahwa pakaian adat masyarakat Papua terbuat dari bahan-bahan alam yang mereka kreasikan tanpa adanya campuran dari budaya modern. Pakaian adat Papua yang terkenal adalah Koteka untuk pria, dan Rok Rumbai untuk wanita.

Uniknya, terkadang tak hanya wanita yang menggunakan rok ini, para pria juga bisa menggunakannya, namun pada satu waktu tertentu saja.

Rok Rumbai

Rok Rumbai merupakan pakaian adat untuk wanita Papua, terbuat dari daun sagu kering yang disusun. Rok ini digunakan untuk menutupi bagian bawah dari tubuh mereka.

Ketika mereka menggunakan Rok Rumbai, mereka juga mengenakan atribut atau aksesoris yang mendukung tampilan mereka agar lebih cantik lagi. Biasanya, aksesoris yang melengkapi pakaian ini adalah hiasan kepala yang berbahan dasar ijuk, bulu burung kasuari, dan bahan yang sama dengan roknya yakni daun sagu kering. Sama halnya seperti menggunakan Koteka, penggunaan Rok Rumbai ini tidak dilengkapi dengan baju atasan. Namun, mereka tetap akan menghiasi bagian tubuh atasnya dengan menggambar motif-motif khas Papua. Hiasan gambar itu menggunakan tinta alami yang juga mereka buat sendiri. Motif yang mereka buat biasanya terinspirasi dari keanekaragaman flora dan fauna yang ada di tanah kelahiran mereka.

Baca juga: Koteka, Pakaian Adat Khas Putra Papua

Dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa kebudayaan Papua ini memang sangat erat ikatannya dengan segala sesuatu yang ada di alam. Mereka benar-benar memanfaatkan segala sesuatunya dengan baik. Mulai dari pemilihan bahan, desain yang sederhana namun tetap menunjukkan ciri khas dari Papua, dan semua ini merupakan murni hasil karya dari tangan masyarakat Papua.

Jika suatu saat kalian ada kesempatan untuk berkunjung ke Papua, jangan segan-segan mempelajari kebudayaan unik yang mereka miliki ya.