RRI Edukasi Kesadaran Berbangsa Pada Anak Papua
Beritapapua.id - RRI Edukasi Kesadaran Berbangsa Pada Anak Papua - Wahanavisi

RRI Edukasi Kesadaran Berbangsa Pada Anak Papua – Menanamkan kesadaran berbangsa kepada anak usia dini sudah menjadi tanggung jawab semua pihak hal itulah yang dilakukan oleh Radio Republik Indonesia (RRI) di Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. RRI berkomitmen untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, terutama anak-anak pedalaman Papua.

Mengutip dari Antara, Kepala Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI) Wamena, Engelberthus Silubun, mengharapkan kesadaran berbangsa anak-anak mulai sejak mereka bertumbuh menjadi dewasa. Lewat program RRI merekrut penyiar cilik. RRI akan memberikan pemahaman tentang lagu-lagu Nasional, lagu kebangsaan bagi anak-anak usia sekolah dasar.

“Program yang kami buat adalah merekrut juga penyiar cilik. Memang kalau mau bilang efeknya langsung, ini tidak mungkin karena menanamkan wawasan kebangsaan itu sesuatu yang membutuhkan proses dan proses itu panjang,” kata Engelberthus.

Menurut Engelberthus, perlu keterlibatan semua pihak, termasuk pemerintah daerah dalam menciptakan program ini. Oleh sebab itu, RRI Wamena selalu berupaya agar proses menumbuhkan jiwa nasionalisme anak tidak didasari faktor intimidasi dan paksaan.

“Dari syair yang diajarkan kepada mereka, paling tidak ada menumbuhkan rasa kebangsaan, rasa nasionalisme, memberikan kebinekaan karena tugas kita di samping memberikan hiburan tetapi juga mengedukasi. Tetapi setiap stekholder harus memberikan kontribusi, termasuk RRI.” katanya.

Baca Juga: PBNU: Menaati Protokol Kesehatan Adalah Perintah Agama

RRI Sosialisasi Melawan Penyebaran Covid-19

RRI Edukasi Kesadaran Berbangsa Pada Anak Papua
Beritapapua.id – RRI Edukasi Kesadaran Berbangsa Pada Anak Papua – Nokenwene

RRI Wamena juga melakukan kerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) untuk mengedukasi masyarakat terkait penyebaran wabah Covid-19. Dengan berperan memberikan informasi dan edukasi terkait pencegahan wabah Covid-19 tersebut.

Engelberthus mengatakan melalui siaran on air dan off air RRI yang bekerjasama dengan WVI turun ke beberapa tempat. Salah satunya dengan mendatangi masyarakat daerah pertanian untuk memberikan informasi terkait Covid-19.

Langkah edukasi lain untuk mencegah Covid-19 adalah melalui spot maupun filer atau iklan radio. Dengan menghadirkan narasumber dari tenaga medis, tokoh masyarakat, tokoh agama dalam diskusi. RRI Wamena menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi. Sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengerti, terutama bagi masyarakat daerah pegunungan tengah Papua.

RRI Wamena juga menyusun konsep sosialisasi terkait penerapan normal baru. Agar masyarakat tidak keliru dengan normal baru dalam pencegahan Covid-19. Selain itu, RRI Wamena juga melakukan aksi sosial dengan membagikan masker kepada masyarakat.