Rumah Atsiri Indonesia Tempat Belajar Penyulingan Minyak Atsiri
Beritapapua.id - Rumah Atsiri Indonesia Tempat Belajar Penyulingan Minyak Atsiri - mytrip123

Rumah Atsiri Indonesia Tempat Belajar Penyulingan Minyak Atsiri – Kekayaan botani Indonesia memang sudah sangat terkenal di dunia. Memiliki iklim tropis dan tanah yang subur menjadikan kita akan bangsa yang penuh dengan keanekaragaman herba dan tanaman. Salah satu cara pengolahan tanaman-tanaman tersebut mampu menghasilkan minyak atsiri atau essential oil.

Minyak asiri, atau minyak eterik (aetheric oil), minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), serta minyak aromatik (aromatic oil), adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Minyak asiri merupakan bahan dasar dari wangi-wangian atau minyak gosok (untuk pengobatan) alami. Dalam perdagangan, hasil sulingan (distilasi) minyak atsiri merupakan bibit minyak wangi.

Baca Juga: Tips Aman Konsumsi Kopi Sehari-Hari

Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia Tempat Belajar Penyulingan Minyak Atsiri
Beritapapua.id – Rumah Atsiri Indonesia Tempat Belajar Penyulingan Minyak Atsiri – Jakpost

Rumah Atsiri Indonesia yang terletak pada kawasan Tawangmangu, tepatnya Desa Plumbon, Tawangmangu. Merupakan sebuah kompleks edu rekreasi berbasis taman pertama di Indonesia. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas andalan, seperti taman atsiri, boutique, laboratorium, perpustakaan, MICE dan fasilitas lainnya.

Berjarak lebih kurang 38 kilometer dari Kota Solo dengan waktu tembuh kurang lebih satu jam perjalanan. Melalui dua jalur perjalanan, yakni lewat jalur Solo Karanganyar dan Solo Matesih. Tempat wisata ini merupakan bekas Pabrik Citronella Indonesia – Bulgaria, yang sudah ada sejak 1963. Sekarang sudah mengalami restorasi.

Dulunya, Citronella merupakan pabrik penyulingan terbesar Asia pada eranya dan merupakan saksi bisu kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Bulgaria. Pabrik ini didesain menggunakan bahan dan material yang dibuat langsung dari Bulgaria khususnya pada bagian peralatan distilasi, ekstrasi, laboratorium dan tenaga listrik.

Seiring dengan perjalanan waktu, Rumah Atsiri Indonesia bertransformasi menjadi pusat berbagai kegiatan, yakni rekreasi, penelitian, dan pengembangan minyak atsiri. Rumah Atsiri Indonesia terintegrasi juga dengan museum minyak atsiri, fasilitas lab dan penelitian, kebun minyak atsiri, toko dan restoran.

Museum ini menyimpan dan merawat koleksi beragam peralatan penyulingan dan alat-alat lainnya. Sedangkan untuk taman memiliki berbagai koleksi, seperti Taman Koleksi Rumah Atsiri, Rumah Kaca Rumah Atsiri, Plaza Marigold, dan Taman Pembibitan Rumah Atsiri.