Rumah Karantina disiapkan di Kampung Wesiri
beritapapua.id - Rumah Karantina disiapkan di Kampung Wesiri - KlikPapua

Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyiapkan sebuah Rumah Karantina. Rumah tersebut terletak di Kampung Wesiri tepatnya di Jalan Raya Bintuni KM 7, Bintuni Barat. Frans Awak S.Sos, MM selaku Pelaksana Tugas Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Teluk Bintuni telah melakukan peresmian Rumah Karantina tersebut pada hari Rabu 13 Mei 2020.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula beberapa aparat setempat seperti Kompol Tutur Ompusunggu selaku Wakapolres Teluk Bintuni, Iptu Zakaria Tampo, SH selaku Kasat Binmas Polres Teluk Bintuni, Koordinator Komunitas Peduli Covid-19 yang diwakili oleh dr. Andreas Coikan, MM, Maskus Iba,SH selaku Kepala Kampung Wesiri, Bhabinkamtibmas Kampung Wesiri Bripka Jumita Papa, SH dan sejumlah masyarkat Kampung Wesiri.

Maskus Iba,SH, selaku Kepala Kampung Wesiri mengatakan rumah karantina tersebut dibentuk oleh Komunitas Peduli Covid-19. Hal tersebut sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di Kampung Wesiri.

Baca Juga: Mengenal Teori Herd Immunity dalam Pengentasan Covid-19

Rumah Karantina untuk Warga Kampung Wesiri

dr. Andreas Coikan, MM sebagai Koordinator Komunitas Peduli Covid-19 menyampaikan bahwa rumah karantina tersebut dibentuk untuk menampung warga Kampung Wesiri yang baru saja datang dari luar daerah dan ditetapkan sebagai OTG atau ODP yang kemungkinan membutukan tempat untuk menjalani isolasi terlebih dahulu. Sebelum akhirnya dapat dizinkan untuk pulang kembali ke rumahnya dan berabung bersama dengan keluarganya. Sebab menurut dr. Andreas Coikan, MM dengan dilaksanakannya karantina mandiri di rumah masing-masing nilai tidak efektif dalam menanggulangi penyebaran Covid-19. Dikarenakan sejumlah besar masyarakat banyak yang tidak patuh dan taat pada anjuran pemerintah untuk isolasi mandiri. Ditambah lagi dengan infrastruktur di rumah yang belum memadai menjadi penyebab utama sulitnya melakukan karantina di rumah.

Kompol Tutur Ompusunggu selaku Wakapolres Teluk Bintuni dalam arahannya menyebutkan bahwa dengan maraknya wabah Covid-19, diharapakan agar kepala kampung dapat membuat aturan yang jelas dalam rumah karantina tersebut. Terkait bagaimana tata cara pelaksanaan aktifitas di dalam rumah karantina agar dibuatkan sebuah aturan yang jelas oleh aparat kampung setempat.

Frans Awak S.Sos, MM selaku Pelaksana Tugas Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Teluk Bintuni juga memberikan dukungan dan apresiasi kepada kepala kampung wesiri dalam lanngkahnya melakukan kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan itu, dan berharap semoga langkah tersebut bisa menjadi contoh bagi kampung-kampung yang lain untuk dapat mengambil langkah serupa. Selain itu pemerintah daerah juga mengapresiasi inisiatif dari kampung wesiri dalam membentuk Komunitas peduli Covid-19 dan kegiatannya dalam menyiapkan rumah karantina.