Sambal Tumpang Boyolali
Sambal Tumpang Boyolali

Sambal Tumpang Khas Boyolali, Rasanya Yang Unik – Boyolali adalah salah satu Kota/Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun masih tergolong kota kecil, namun Boyolali mempunyai banyak keunikan tempat wisata alam dan makanan khasnya. Salah satu makanan khas yang selalu dirindukan para wisatawan adalah sambal tumpang (orang Boyolali sering menyebutnya “sambel lethok”). Sambal tumpang adalah perpaduan nasi dengan sayur rebus dan deberi kuah sanbal tumpang diatasnya.

Makanan ini cukup menarik banyak orang karena rasanya yang unik. Bahan yang digunakan pun cukup unik, yaitu tempe yang sudah menjelang busuk atau terlalu matang dan tempe yang masih bagus dicampur dengan tahu, cabai, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk. Sambal tumpang biasanya disajikan dengan nasi hangat dan rempeyek atau kerupuk karak.

Di Boyolali sendiri banyak warung makan yang menyediakan sambal tumpang sebagai menu. Namun, yang paling terkenal adalah Nasi Tumpang Suprih yang terletak di perempatan lampu merah, Jalan Tentara Pelajar, Boyolali. Warung tersebut sudah dikelola oleh keluarga Suprihadi sejak tahun 1984 hingga saat ini. Nasi tumpang yang dijual dibandrol dengan harga Rp.5000 per bungkus untuk saat ini. Rasanya yang enak memikat hati pengunjung untuk selalu kembali kesana. Nasi Tumpang Suprih juga menjual susu sapi murni yang menjadi minuman favorit pelanggan ketika sarapan dan makan siang. Tidak ada salahnya jika anda singgah sejenak untuk menikmati kuliner ini ketika berkunjung ke Boyolali.

Namun jika merasa rindu dengan masakan sambal tumpang dan tidak sempat berkunjung, anda dapat membuat sendiri sambal tumpang dirumah dengan bahan yang mudah dan praktis.

Resep Membuat Sambal Tumpang Boyolali Yang Mudah dan Praktis:

Baca juga: St. Patrick’s Day, Perayaan Serba Hijau

Bahan:

  • 1 papan tempe yang sudah dipotong kemudian dikukus.
  • Tahu coklat sesuai selera.
  • Bumbu halus yang terdiri dari 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 5 buah cabai rawit, 2 buah cabai merah panjang, 2 ruas kencur, 1 ruas kunyit.
  • 2 lembar daun jeruk.
  • 1 lembar daun salam.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.
  • 1 gelas santan cair.

Cara membuat:

  1. Haluskan tempe yang sudah dikukus sebelumnya.
  2. Haluska semua bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian tambahkan daun jeruk dan daun salam.
  4. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
  5. Masukkan tempe, tahu coklat dan santan cair.
  6. Tunggu hingga matang, sambal tumpang siap disajikan.

Kelezatan dari sambal tumpang pada dasarnya ditentukan dari pemilihan tempe. Tempe yang digunakan harus mempunyai rasa yang khas atau biasanya disebut “tempe busuk” sebagai bahan dasarnya. Dengan resep tersebut semoga dapat mengobati rasa rindu kepada sambal tumpang khas Boyolali.