Sambut 33 Kontingen, PB Peparnas XVI Gelar Malam Baku Dapa
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe saat memberikan sambutan dalam Malam Baku Dapa Peparnas XVI do Gedung Negara Provinsi Papua, Jayapura, Kamis (4/11/2021). (foto: Seputarpapua)

Dalam menyambut para tamu kontingen dari 33 Provinsi di Tanah Air, Panitia Besar (PB) Peparnas XVI menggelar Malam Baku Dapa, pada Kamis (4/11/2021) malam. Kegiatan ini juga berlangsung di Gedung Negara, Dok V Atas, Kota Jayapura.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Gubernur Papua sekaligs Ketua Umum PB Peparnas XVI Papua 2021, Lukas Enembe.

Pada kesempatan itu Gubener Lukas Enembe menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding, khususnya bagi para atlet penyandang disabilitas.

Ia mengatakan untuk saling tetap menghargai dan bersikap suportif selama pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI berlangsung di Papua.

“Mari saling menghargai satu sama lain selama pelaksanaan Peparnas,” ujar Enembe, Kamis (4/11/2021) malam.

Enembe mengatakan malam baku dapa ini untuk menjalin persaudaraaan dan persahabat untuk semua.

“Inilah rumah kami, yaitu rumah yang penuh kedamaian dan persaudaraan dalam satu kebhinekaan di provinsi Papua sebagai daerah paling timur Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengatakan pelaksanaan Peparnas adalah kelanjutan dari PON setiap empat tahun sekali.

Baca Juga: Polda Papua Kerahkan 779 Personel Amankan Pembukaan Peparnas XVI

Ia menjelaskan bahwa setiap selesai PON kita melakukan Peparnas. Begitu juga setiap selesai Olimpiade ada Paralimpiade, setiap selesai Asian Games ada Asian Para Games dan setiap selesai Asean Games ada Asean Para Games.

“Pelbagai cabor, yang diikuti para atlet disabilitas sama dan setara dengan kegiatan yang diikuti oleh atlet-atlet non disabilitas,” tutur Menpora.

Menampilkan Performa Terbaik

Ketua Umum Ketua Umum National Paralympic Commite (NPC) Indonesia Senny Marbun mengatakan agar para atlet disabilitas yang bertanding di Peparnas bisa menunjukkan penampilan terbaiknya.

“Jadi disini tempat kita menunjukan siapa kita dan apa yang bisa kita lakukan di Papua ini,” tukas Marbun.

Ia juga mengatakan bahwa menurut agenda Wapres Ma’ruf Amin hadir dalam Upacara pembukaan (opening ceremony) Peparnas XVI Papua 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11/2021).

Sedikit informasi bahwa Peparnas XVI Papua 2021 akan berlangsung pada 5-15 November 2021. Ada 1.935 atlet disabilitas dari 33 provinsi yang hadir berpartisipasi. Peparnas XVI Papua 2021 mempertandingkan 12 cabor dengan 602 nomor pertandingan.

Venue pertandingan 6 cabor di kota Jayapura dan 6 cabor di kabupaten Jayapura. Ke-12 cabor itu masing-masing angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CR, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja