Satgas Pastikan Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif
Beritapapua.id - Satgas Pastikan Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif - CNN

Satgas Pastikan Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku menegaskan vaksin covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat aman dan sudah lulus semua tahapan uji klinis. Hal ini sekaligus untuk menepis berbagai isu terkait vaksin covid-19.

“Sehingga aman dan efektif digunakan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Kamis (22/10).

Wiku menjelaskan, bahwa untuk memastikan keamanan dan efektifitas vaksin, maka pengembang harus melalui berbagai tahapan, termasuk uji klinis fase 1 hingga 3.

“Tahapan-tahapan ini merupakan upaya berbasis medis dan ilmiah untuk memastikan keamanan, efektivitas, dan dosis aman yang dapat digunakan kepada masyarakat,” ujarnya.

Wiku pun menghimbau agar masyarakat mau mengikuti program vaksinansi mengingat dampaknya tidak hanya kepada diri sendiri, namun juga berdampak ke masyarakat luas. Tidak hanya itu, ia pun mengharapkan masyarakat dapat segera melakukan vaksinasi tanpa menundanya, agar dapat mencapai kekebalan tubuh lebih cepat.

Pemerintah menjalin kerja sama vaksin dengan Cina serta Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengembangkan vaksin Sinovac, Cansino, dan G-42. Vaksin covid-19 akan mulai masuk ke Indonesia pada awal November mendatang.

Kementerian Kesehatan telah menugaskan pengadaan vaksin covid-19 kepada PT Bio Farma (Persero).

Baca Juga: 3 Warga Papua Menggugat UU Cipta Kerja

Brazil Tolak Vaksin Sinovac

Sebelumnya, Presiden Brazil, Jair Bolsonaro menyatakan bahwa negaranya tidak akan memakai vaksin covid-19 asal Sinovac.

“Kami tidak akan membeli vaksin China”, tegasnya dalam akun twitternya, Rabu (21/10).

Jair mengatakan bahwa setiap vaksin harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari badan regulator kesehatan, dan sudah lolos uji dalam soal keampuhan oleh Kementerian Kesehatan.

“Rakyat Brasil tidak akan menjadi kelinci percobaan siapapun,” tambahnya dalam cuitannya.

Brazil sendiri tercatat sebagai negara tertinggi ketiga dunia untuk kasus positif covid-19, setelah Amerika Serikat dan India. Hingga saat ini, terdapat sekitar 5,5 juta kasus positif covid-19 di Brazil. Sedangkan tingkat kematian pasien covid-19 di Brazil adalah yang tertinggi kedua. Hingga saat ini, tercatat sekitar 155.000 warga negara Brazil yang meninggal karena covid-19.