Satgas Pinang Sirih Berhasil Kuasai Markas KKB
beritapapua.id - Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Ahmad Kamal. (foto : antara)

Aparat gabungan dari TNI-Polri berhasil menguasai markas dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang berada di Kampung Welenggaru, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi, Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya mengatakan aparat TNI-Polri khususnya Satgas Pinas Sirih berhasil menyerbu dan menguasai satu markas KKB. Selain berhasil menguasai markas dari KKB, ada satu senjata laras M16 yang berhasil petugas amankan.

“Aparat TNI-Polri khususnya Satgas Pinang Sirih berhasil menyerbu satu markas Kelompok Kriminal Bersenjata jaringan Goliat Tabuni,” ujarnya.

Kamal menyebutkan, penyerangan terjadi pada Senin (16/08/21) kemarin sekitar pukul 15.40 WIT.

Penyerangan markas KKB pimpinan Goliat Tabuni itu berawal dari patroli menggunakan drone di Kampung Welenggaru, Distrik Gome Utara Kabupaten Puncak.

Dari patroli tersebut saat itu terlihat tiga orang yang diduga anggota KKB. Dan ketiga orang tersebut kemudian sempat melakukan penembakan ke aparat. Namun setelah itu ketiga orang tersebut akhirnya kabur menuju markasnya yang terpantau oleh drone.

Baca Juga : Kabar Gembira, Pemkab Paniai Luncurkan Tiga Program

Kamal mengatakan Tim Cakra akhirnya berhasil menguasai markas KKB tersebut pada Senin sore. Selain itu di markas KKB juga terdapat satu pucuk senjata laras panjang jenis M16 dan berhasil aparat amankan.

“Dengan sigap Tim Cakra melakukan ambush dan berhasil menembak satu KKB hingga lari bersama rekan-rekannya ke dalam hutan. Saat honai atau markas tersebut didatangi, aparat berhasil mengamankan satu pucuk senjata laras panjang jenis M16,” ungkap Kamal.

Pihak Satgas Tetap Mengusut KKB

Kamal juga menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih mengusut kasus tersebut.

“Anggota TNI-Polri saat ini masih melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait kelompok yang melakukan penembakan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Kamal menegaskan, Satgas Pinang Sirih terus menggecarkan patroli agar aktivitas masyarakat di distrik Gome berjalan lancar dan kondusif.

“Para komandan satuan menginstruksikan kepada seluruh anggotanya agar siaga di pos masing-masing untuk menghindari adanya gangguan keamanan di wilayah Ilaga pasca terjadinya kontak tembak di Kampung Welenggaru dan Kampung Gugibur Kompleks, Distrik Gome Utara Kabupaten Puncak,” tandasnya.