Satgas RAFI Papua Pastikan Ketersediaan BBM Aman Selama Ramadhan dan Hingga Idul Fitri
beritapapua.id - Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina tahun 2022 siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik Lebaran tahun 2022. (Dok. Pertamina)

Dalam rangka Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, Pertamina bentuk Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas RAFI) 2022. PT Pertamina Patra Niaga terus memantau kelancaran Penyaluran BBM dan LPG kepada masyarakat untuk memastikan ketersediaan produk di wilayah Papua Maluku.

Meskipun masih dalam situasi pandemi, Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku tetap akan menjalankan protokol kesehatan secara ketat di seluruh lini dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan.

“Kami berkomitmen melayani kebutuhan energi, pada Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dalam keadaan tenang dengan mengusung semangat Energi Istiqamah. Tim Satgas RAFI 2022 ini merupakan bentuk pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM, Avtur dan LPG yang bekerja di wilayah Papua-Maluku,” ujar Edi selaku Area Manager Communication Relations & CSR Papua Maluku.

Edi Mangun menyatakan berdasarkan laporan Satgas RAFI 2022, penyaluran Gasoline mengalami kenaikan sekitar 5 persen dari rerata Maret 2022. Sedangkan untuk penyaluran Gasoil mengalami penurunan sekitar 5 persen dari rerata Maret 2022. Namun ada peningkatan terbesar pada produk Dexlite Series yang kenaikannya mencapai 57,9 persen per Maret 2022.

Adapun LPG meningkat sebesar 0,2% dan Avtur mengalami kenaikan sebesar 12 persen. Sementara dari penyaluran gasoil untuk sektor industri mengalami penurunan sekitar 2 persen.

Edi Mangun melanjutkan, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku tetap mengantisipasi potensi lonjakan konsumsi energi, baik BBM maupun LPG. Menurut laporan Tim Satgas RAFI 2022, adanya kenaikan hingga 5 persen dari rerata normal pada penyaluran Gasoline. Dan terjadi penurunan pada Gasoil yakni 5 persen dari rerata normal.

Untuk penjualan ada peningkatan terbesar dari produk Dexlite mencapai 57,9 persen. Selama periode Satgas RAFI 2022, konsumsi LPG naik mencapai 0,2 persen dari kondisi normal. Berbeda dengan produk lainnya, untuk Avtur mengalami kenaikan 12 persen dari rerata normal.

Melakukan Pengendalian dan Pemantauan

Tim Satgas RAFI 2022 terus melakukan pengendalian serta pemantauan distribusi dan ketersediaan energi di masyarakat. Berbagai inovasi pelayanan terus dilakukan, demi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

“Satgas Ramadhan dan Idul Fitri mulai di laksanakan pada 11 April 2022 dan berakhir pada 10 Mei 2022, yang akan terus melakukan pengendalian serta pemantauan kelancaran penyaluran stok BBM dan LPG yang nantinya akan di distribusikan ke masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: PT Freeport Indonesia Dukung Penyelenggaraan Pelatnas Atletik Desentralisasi Mimika

Langkah baik ini akan terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang. Semuanya untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat.

Pertamina berkomitmen dan siap menyediakan seluruh kebutuhan energi bagi masyarakat sepanjang Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri, kami himbau masyarakat tidak perlu khawatir. Pertamina akan melayani tanpa henti menjalankan amanah memenuhi kebutuhan energi di bulan penuh berkah ini dengan sebaik-baiknya. Kami akan terus melakukan pemantaun penyaluran BBM dan LPG, agar kebutuhan BBM untuk masyarakat dapat terpenuhi.

Jika masyarakat membutuhkan informasi serta layanan Pertamina Patra Niaga selama masa Ramadhan dan Idul Fitri, masyarakat dapat memanfaatkan layanan pelanggan Pertamina Call Center (PCC) 135 yang selalu siaga selama 24 jam.