SDM Teluk Bintuni Jadi Unggulan di Batam
SDM Teluk Bintuni Jadi Unggulan di Batam

SDM Teluk Bintuni Jadi Unggulan di Batam – Pusat Pelatihan Teknik Industri Minyak dan Gas (P2TIM) mengirimkan 16 lulusannya untuk bekerja di Batam. Sejak Desember 2020 lalu, mereka sudah bekerja di perusahaan skala Internasional Batam.

Antara lain 14 anak bekerja dengan PT Sembawang Manufacture Offshore and Equipment (SMOE) dan 2 orang anak bersama PT Siemens.

Menariknya, lulusan ini mendapatkan pujian dari kedua perusahaan tersebut. Managing Director Petrotekno, Hendra, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kemampuan dan sertifikasi lulusan P2TIM merupakan nilai plus dari lulusan sekolah vokasional di Papua Barat itu.

“Jadi kenapa mereka dipuji, karena memiliki sertifikat internasional dan nasional mereka ini baru, tetapi skil sangat bagus sehingga ini merupakan sesuatu yang lebih jika dibandingkan dengan yang lainya,” ungkap Hendra.

Menurut pihaknya, kini anak-anak yang telah bekerja di Batam mendulang upah sebesar Rp 8 juta lebih. Hal ini membuktikan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua mampu bersaing dalam taraf Internasional.

“Kami berharap anak-anak kita jangan orientasinya menjadi Aparatur Sipil Negara(ASN), tetapi lebih ke sektor riil itu yang kita harapkan kedepan,” imbuh Hendra.

Petrotekno adalah operator dari P2TIM yang beroperasi di Bintuni, Papua Barat. Hingga saat ini, sekolah vokasional tersebut telah meluluskan ratusan SDM dengan daya serap tinggi.

Menambah Satu Lagi Prestasi Pemerintah Daerah Teluk Bintuni

Baca juga: Ketika Rasul Mencintai Sahabatnya

Kasus SDM Batam menambah satu lagi prestasi Pemerintah Daerah Kabupaten Teluk Bintuni. Visi-misi ‘Terwujudnya Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing’ kini terlihat jelas. Melalui P2TIM, mereka berhasil mencetak SDM unggulan.

Kiprah Bupati Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw, M.T. bersama Wakilnya Matret Kokop, S.H. berbuah manis. Anak-anak Teluk Bintuni kini memiliki prestasi yang membanggakan.

Tahun 2020 lalu, Bupati Teluk Bintuni, mendapatkan penghargaan ‘Indonesian The Best Innovative Figures Awards 2020’. Penghargaan tersebut merupakan menunjukkan kinerja Bupati Petrus Kasihiw, M.T. yang inovatif dan terampil.

Selain itu, Bupati Teluk Bintuni juga mendapatkan 3 penghargaan sekaligus dari pemerintah Indonesia. Pertama, meraih rangking 3 penyaluran dan penyerapan dana alokasi khusus (DAK) fisik dari januari hingga november 2020. Kedua, peringkat 1 kelolah dana desa (DD) terbaik tingkat Provinsi Papua Barat.

Dan ketiga, berhasil meraih capaian lima kali berturut-turut laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah daerah dari tahun 2015 hingga 2019.