Sebanyak 1.250 Lansia Mendapatkan Suntik Vaksin Sinovac
Lansia lakukan vaksinasi covid-19 (foto : jubi.co.id)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan sebanyak 1.250 lanjut usia atau lansia sudah mendapatkan suntikan vaksin Sinovac. Hal ini ia sampaikan saat berada di Kantor Kelurahan VIM, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua pada, Rabu 14/04/21.

“Target kami cukup banyak, yaitu 30 ribu lebih. Tapi kami lihat lagi pelaksanaanya di lapangan,” ujar Antari.

Antari mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah masuk pada tahap kedua untuk vaksinasi bagi lansia dan petugas pelayanan publik.

“Jadi, dengan keterbatasan vaksin ini, maka akan diutamakan bagi kelompok lansia mulai usia 60 tahun ke atas karena sangat rentan tertular virus korona,” ujar Antari.

Antari menjelaskan, bahwa lansia yang ingin melakukan pendaftaran vaksinasi ke puskesmas dan rumah sakit, harap ada sanak keluarga yang membantu, karena saat melakukan pendaftaran mesti menjawab beberapa pertanyaan yang ada.

Ia juga mengatakan, bahwa Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lansia. Dan untuk masyarakat ketika mendatangi tempat terlaksananya vaksinasi massal agar membawa KTP.

Baca Juga : Persipura Jayapura Akan Menjadi Tuan Rumah Play OFF AFC

“Bisa juga mendatangi tempat dimana diselenggarakan vaksinasi massal dengan membawa identitas diri atau KTP. Kami belum tahu kapan vaksinasi lansia selesai, yang jelas ini kami percepat,” ujar Antari.

Ia juga menambahkan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap lansia harus melakukannya secara hati-hati, selain sebagian takut jarum suntik, dan juga harus memperhatikan penyakit bawaan atau komorbid.

Semua Warga Bisa Mendapatkan Suntik Vaksin

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, berharap semua warga Kota Jayapura bisa mendapatkan suntikan vaksin agar mempercepat dalam memutus penularan Covid-19.

“Sesuai dengan instruksi Presiden, target vaksinasi secara nasional 70 persen, maka program vaksinasi di Kota Jayapura harus bisa mencapai target. Caranya bekerja sama dengan organisasi dan instansi untuk bersama-sama menyelenggarakan vaksinasi,” ujar Rustan.

Rustan berharap agar warga mau melakukan vaksinasi sehingga menyukseskan program vaksinasi di Kota Jayapura. Selain itu, dapat mempercepat memutus penularan Covid-19 sehingga aktivitas kembali normal.

“Makin cepat, makin bagus, sehingga warga tidak mudah terpapar Covid-19 ini,” ujar Rustan.