Sebanyak 150 Atlet dan Official NPC Telah Menjalani Vaksinasi
beritapapua.id - ketua NPC Papua, Jaya Kusuma (foto : istimewa)

Atlet National Paralympic Committee (NPC) Papua yang akan berpatispasi dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI kemarin baru saja menerima vaksinasi. Langkah adalah upaya dari persiapan untuk mengikuti Peparnas XVI yang kian dekat. Pelaksanaan vaksinasi untuk atlet NPC itu bertempat di Hotel Metta Star, Waena, Kota Jayapura, Kamis (27/5/21).

Menurut Ketua NPC Papua, Jayakusuma, pada tahap pertama vaksinasi itu sebanyak 150 atlet dan official NPC Papua telah menerima vaksinasi.

Ia mengatakan bahwa vaksinasi tersebut bisa terlaksana atas dasar dari Intruksi Presiden. Sebab semua pihak dari atlet maupun pihak terkait harus menerima vaksinasi untuk penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI.

“Semoga atlet kita dalam keadaan sehat, ini vaksin pertama seperti yang sudah diinstruksikan oleh Presiden harus ada vaksin untuk atlet PON dan Peparnas. Jumlah vaksin hari ini ada 150 orang,” ujarnya.

Jayakusuma juga menjelaskan bahwa yang memberikan vaksinasi adalah tim dokter dari Dinas Kesehatan Pemkot Jayapura.

“Jadi kegiatan pada hari ini kita memang sebelumnya sudah layangkan surat untuk vaksinasi atlet-atlet yang dipersiapkan untuk Peparnas. Oleh karena itu hari ini vaksinasi dilakukan oleh tim dokter dari Dinkes Pemkot Jayapura,” ujarnya.

Masih Ada Atlet Yang Berada di Luar Papua

Ia juga tengah mempertimbangkan untuk melakukan vaksinasi terhadap para atlet mereka yang berada di luar Papua.

“Kita juga sedang berpikir untuk melakukan vaksinasi kepada atlet kita yang ada di luar di Palembang, Samarinda, dan ada di Balikpapan juga di Solo. Kami nanti akan berkomunikasi bagaimana caranya ataukah kita akan bawa tenaga ke sana kalau di setujui,” katanya.

Baca Juga : Tiga Peristiwa Penting Di Balik Hari Raya Waisak

Karena menurutnya masih ada sekitar 125 orang atletnya yang ada di luar Papua. Dan ia berharap atlet-atlet tersebut juga bisa menerima vaksinasi sebelum pelaksanaan Peparnas.
Untuk jadwal tahap kedua vaksinasi akan bisa terlaksana setelah 14 hari penerimaan vaksinasi tahap pertama.

Ia juga mengatakan bahwa vaksinasi tersebut sangat penting tidak hanya karena adanya pelenyenggaran PON atau Perpanas. Hal ini juga untuk kepentingan seluruh daerah yang ada di Indonesia.

“Dalam entry by name itu ada syaratnya harus di vaksin sehingga sangat penting sekali bukan hanya di daerah saja tapi juga di Indonesia. Saya berharap atlet-atlet ini semua dalam keadaan sehat dan baik-baik supaya bisa terima vaksin dengan baik,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada pihak yang menerima vaksinasi nantinya menyampaikan jika memang memiliki penyakit bawaan sebelum menerima vaksinasi.