Sebentar Lagi Bulan Ramadhan 2021, Persiapkan 3 Hal Ini!
Sebentar Lagi Bulan Ramadhan 2021, Persiapkan 3 Hal Ini! Source: Google

Tak terasa, kurang dari 2 bukan umat muslim Indonesia akan berjumpa dengan bulan suci Ramadhan 2021. Jutaan umat muslim akan segera melepas kerinduan mereka dengan kehadirannya.

Layaknya sepasang sejoli yang merindu, mereka pasti menyiapkan segala sesuatu sebelum bertemu. Begitu pula dengan kita sebagai umat muslim. Kita harus menampilkan rasa syukur dan bahagia dalam bentuk ketaatan.

Ibnu Rajab Al-Hambali berkata,

ﻗَﺎﻝَ ﺑَﻌْﺾُ ﺍﻟﺴَّﻠَﻒُ : ﻛَﺎﻧُﻮْﺍ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻥَ ﺍﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳُﺒَﻠِّﻐَﻬُﻢْ ﺷَﻬْﺮَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ، ﺛُﻢَّ ﻳَﺪْﻋُﻮْﻧَﺎﻟﻠﻪَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﺷْﻬُﺮٍ ﺃَﻥْ ﻳَﺘَﻘَﺒَّﻠَﻪُ ﻣِﻨْﻬُﻢْ

“Sebagian salaf berkata, ‘Dahulu mereka (para salaf) berdoa kepada Allah selama enam bulan agar mereka dipertemukan lagi dengan Ramadhan. Kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar Allah menerima (amal-amal shalih di Ramadhan yang lalu) mereka.“

Bulan Ramadhan 2021

Lantas, apa saja yang perlu kita persiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 2021?

1. Mempersiapkan Ilmu di Bulan Ramadhan 2021

Baca juga: Gubernur Provinsi Papua Raih Penghargaan Inovasi Penanganan Covid

Pertama, kita perlu menyiapkan ilmu pengetahuan. Sebagaimana ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

مَنْ عَبَدَ اللهَ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِح

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.”

Bagaimana kita akan meraih segala pahala pada bulan Ramadhan jika kita tidak mengetahui cara melakukan amalan yang baik? Atau bahkan, kita tidak mengetahui harus melakukan amalan seperti apa?

Mari ambil contoh sederhana, yakni memahami makna dan keutamaan berpuasa. Ketika kita hanya melihat puasa untuk menuntaskan kewajiban semata, maka kita tidak akan merasakan manfaat seutuhnya. Bahkan mungkin, hanya merasakan lelah, haus dan lapar saja.

Berbeda jika kita tahu kemuliaan dari berpuasa. Misal, kita mengetahui begitu besarnya pahala membaca Alquran saat berpuasa. Pasti kita tidak akan lelah membacanya. Bahkan, puasa pun terasa ringan dan kurang.

2. Perbanyak Taubat sebelum Puasa di Bulan Ramadhan 2021

Baca juga: Solusi Banyak Pikiran dari Agama Islam untuk Kamu

Kedua, kita perlu memasuki bulan suci Ramadhan dalam keadaan bersih. Namun, apa maknanya? Mengapa harus demikian?

Ada dua alasan mengapa kita perlu banyak bertaubat sebelum memasuki bulan Ramadhan. Bahwa, dosa itu seperti hijab atau kotoran yang menutupi hati kita. Ketika kita berlumur dosa, maka yang terjadi adalah muncul rasa malas dalam beribadah.

Tentunya, kita tidak ingin melewatkan kesempatan beribadah dalam bulan suci yang hanya terjadi 1 bulan dalam setahun. Oleh karenanya, kita perlu menghapus dosa tersebut agar terlepas dari rasa malas.

Dari Al Aghorr Al Muzanni, yang merupakan sahabat Nabi, mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali.” (HR. Muslim no. 2702).

3. Memohon Kemudahan dalam Beribadah

Baca juga: Sabar Sebagai Kunci Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Kita perlu mengingat bahwa apapun urusan dan tindakan kita adalah atas izin Allah. Termasuk melakukan ibadah dalam bulan Ramadhan. Untuk itu, kita perlu berdoa kepada Allah agar Ramadhan tahun ini kita dapat menjalankannya secara sempurna.

Kemudahan ini juga termasuk dalam kemudahan bertaubat, menjauhi maksiat, dan melakukan ibadah. Adapun doa yang dapat kita panjatkan agar mendapat kemudahan sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ

Allahumma inni as-aluka fi’lal khoiroot wa tarkal munkaroot

“Ya Allah, aku memohon pada-Mu agar mudah melakukan kebaikan dan meninggalkan kemungkaran.” (HR. Tirmidzi no. 3233, shahih menurut Syaikh Al Albani).