Sekda Papua Menghadiri Ucapara Pemakaman Kabinda Papua
Sekda Papua saat menghadiri upacara pemakaman Kabinda Papua (foto : istimewa)

Sekda Papua Dance Yulian Flassy menghadiri upacara pemakaman Kabinda Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Selasa (27/4/2021) pukul 11.00 WIB.

Pemakaman dilakukan secara militer dengan Inspektur Upacara (Irup) Pagdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurrachman.

Sekda Papua Dance Yulian Flassy mengatakan, bahwa prosesi upaca pemakaman semua berjalan hikmat dan lancar.

“Saya mewakili Pemprov Papua menghadiri upacara pemakaman, sekaligus memberikan penghormatan terakhir kepada Pak Kabinda Papua. Semua berjalan hikmat dan lancar,” ujar Sekda Papua, (27/4/2021).

Ia juga mengatakan, rencana awal akan melakukan penyerahan piagam penghargaan atas jasa-jasa Almarhum selama menunaikan tugas negara di Papua. Namu tidak menyerahkan langsung. Tapi akan tetap menyerahkan dalam waktu dekat, karena masih perlu mengkoordinasikannya.

Baca Juga : Kabupaten Jayapura Menghabiskan 700-800 Dosis Vaksin Setiap Hari

Sejumlah prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI dengan seragamnya hadir dalam prosesi pemakaman I Gusti Putu Danny Karya Nugraha.

Usai pemakaman para prajurit Korps Baret Merah yang melingkari makam bertaburan bunga itu menyanyikan Hymne Komando.

Tampak seorang prajurit Kopassus bertindak sebagai dirigen. Para prajurit Kopassus itu nampak mengenakan masker masing-masing yang berwarna hitam.

Kronologi Kontak Tembak Kabinda Papua I Gusti Putu Dengan KKB

Kabinda Papua, I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur setelah melakukan kontak tembak dengan Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Kontak tembak tersebut terjadi karena KST Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda.

Kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua di Beoga itu juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu kekejaman dan kebiadaban KST Papua.

Kronologi kejadian tersebut bermula saat patroli Satgas BIN bersama dengan Satgas TNI/Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Pada Mingggu (25/4/2021) sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri dihadang KST Papua sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur di lokasi kejadian.