Sempat Hilang Kontak, Pesawat Rimbun Air Jatuh di Intan Jaya
beritapapua.id - Kondisi pesawat Rimbun Air yang jatuh di Kabupaten Intan Jaya, Papua. (foto: istimewa)

Pesawat Rimbun Air jatuh di Intan Jaya berawal saat pesawat lepas landas dalam kondisi cuaca berkabut. Setelah lepas landas dalam kondisi cuaca buruk, pesawat sempat hilang kontak saat berada di udara. Akhirnya beberapa saat kemudian terdengar suara benturan keras diduga pesawat jatuh.

Wadanyon Yonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono mengatakan, pesawat terlihat akan landing atau mendarat sekitar pukul 07.22 WIT, tapi kondisi cuaca berkabut.

Lalu pesawat berusaha naik mengambil arah kiri bandara. Kemudian sempat terdengar suara benturan seperti pohon jatuh, ia menduga pesawat menabrak gunung.

“Terdengar suara seperti pohon jatuh yang sangat keras, pihak bandara yang berada di landasan menduga pesawat tersebut menabrak gunung,” kata Mayor Edi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: Banjir dan Tanah Longsor Melanda 5 Kampung di Kepulauan Yapen

Dia mengatakan, koordinat jatuhnya pesawat sudah terlihat dan helikopter Carteran Satgas Elang temukan. Berdasarkan pengamanat dari helikopter, kondisi pesawat terbakar dan sudah dalam keadaan hancur.

Namun proses evakuasi harus berhati-hati sulitnya track di wilayah tersebut. Proses pencarian mengalami kendala karena bahan bakar helikopter yang terbatas. Kondisi ini membuat helikopter harus landing lebih dulu untuk mengisi bahan bakar.

Selain itu, proses evakuasi Pesawat Rimbun Air akan melibatkan warga sipil, karena koordinat jatuhnya pesawat tersebut merupakan daerah kekuasaan KKB.

Identitas Kru Pesawat Rimbun Air

Menurut informasi, Kru Pesawat Rimbun Air berjumlah tiga orang yaitu Hj Mirza (Pilot), Fajar (Co-Pilot) dan Iswahyudi (Enginering). Dan nasib ketiga kru yang mengalami kecelakaan pesawat tersebut sampai sekarang belum bisa untuk dipastikan.

Pesawat Rimbun Air juga tidak membawa penumpang, melainkan kargo berisi bahan bangunan dan sembako untuk kebutuhan warga dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Intan Jaya.

Sebelumnya Pesawat Rimbun Air hilang kontak saat penerbangan Nabire-Sugapa. Menurut laporan kejadian tersebut terjadi pada, Selasa (15/09/21) pukul 07.37 WIT.

Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan, membenarkan laporan tersebut. Pesawat Rimbun Air dengan nomor penerbangan Pk OTW dalam penerbangan Nabire-Sugapa dilaporkan hilang kontak.

“Dilaporkan hilang kontak jam 07.37 WIT,” kata AKBP Sandi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (15/9/2021).