Semua Atlet PON Terpapar Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh
beritapapua.id - Ilustrasi Tenaga Kesahatan penanganan Covid-19. (foto: Antara)

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan atlet yang berasal dari luar Kota Jayapura yang terpapar Covid-19 saat berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah sembuh semuanya.

Hal ini ia sampaikan usai menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijariyah/2021 Masehi di Masjid Al-Ikhsan, Selasa (26/10/2021).

“Semuanya sudah sembuh dan diperbolehkan kembali ke daerah mereka masing-masing,” ujar Rustan.

Rustan menyampaikan bahwa sebanyak 83 atlet yang terpapar Covid-19, khususnya yang bertanding di klaster Kota Jayapura, menjalani isolasi mandiri di rumah sakit dengan pelayanan kesehatan secara maksimal.

“Mereka terpapar Covid-19 dengan tanpa gejala dan gejala ringan. Saya bersyukur proses kesembuhan mereka sangat cepat, dan semuanya sudah sembuh. Ini merupakan tanggung jawab kami kepada semua warga yang ada di Kota Jayapura,” ujar Rustan.

Rustan juga minta kepada warga agar tetap menjaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. Selain itu, ia mengimbau masyarakat untuk rajin berolahraga dan makan makanan sehat dan bergizi dengan tujuan memperkuat imunitas tubuh.

“Rajin cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, memakai masker selama masa pandemi ini supaya kita semua aman, selamat, dan sehat,” ujar Rustan.

Semua Pasien di KM Tidar Sembuh

Selain atlet PON XX yang sembuh total, ia juga mengatakan bahwa pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di KM Tidar juga telah sembuh semua. Hal ini ia sampaikan berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura hingga Senin (25/10/2021).

“Ini semua berkat kerja sama kita semua dan memiliki keinginan untuk sembuh sehingga proses kesembuhan yang menjalani isolasi mandiri juga cukup cepat. Tetap jaga kesehatan agar tidak kembali terpapar Covid-19,” ujar Rustan.

Baca Juga: Persipura Alami Kekalahan Beruntun di Kompetisi BRI Liga 1

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan petugas kesehatan memberikan pelayanan terbaik bagi para atlet. Hal ini dengan selalu memberikan penguatan spiritual dan pemberian obat secara baik kepada atlet yang sedang menjalani isolasi.

“Setiap pagi mereka (pasien Covid-19) selalu kami ajak berjemur dan berolahraga untuk menguatkan imun tubuh supaya mempercepat membantu dalam proses penyembuhan,” ujar Antari. Antari berharap agar tetap mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada sehingga tidak terinfeksi Covid-19 yang bisa menyebabkan kematian.

“Sayangi diri, keluarga, dan lingkungan di sekitar kita agar sama-sama sehat dan selamat dari Covid-19. Pakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan adalah kunci mempercepat memutus penyebaran Covid-19,” ujar Antari.