Sepi Job Karena Pandemi, Para Artis ini Banting Setir ke Bisnis Kuliner
beritapapua.id - Sepi Job Karena Pandemi, Para Artis ini Banting Setir ke Bisnis Kuliner - Kompas

Sepi Job Karena Pandemi, Para Artis ini Banting Setir ke Bisnis Kuliner – Tiga bulan sudah Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Pemerintah pun melakukan pembatasan aktivitas di tengah keramaian. Kondisi ini membuat banyak profesi memiliki keterbatasan.

Banyak pekerja yang juga terkena pemutusan hubungan kerja. Tak terkecuali dengan para artis Tanah Air. Job on air seperti di televisi menjadi berkurang. Apalagi beberapa konser yang sudah direncanakan pun batal. Beberapa artis yang memiliki usaha juga terdampak.

Beberapa dari mereka pun lantas mengembangkan bisnis kuliner yang sudah dibangun dan dipromosikan melalui online. Mereka banting setir ke bisnis kuliner saat pandemi Corona demi investasi di masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Netflix Kini Dapat Diakses di Jaringan Telkom Group

Popularitas Tidak Menjamin Awetnya Bisnis Kuliner Artis

Ternyata popularitas bukanlah jaminan, saat ini banyak bisnis dari para artis yang sudah mulai gulung tikar. Banyak bisnis kue artis yang menghilang, dan bahkan beberapa outlet telah tutup. Contohnya seperti outlet kue Princess milik Syahrini di jalan A.M Sangaji Yogyakarta yang telah tutup kurang lebih setahun terakhir.

Pada awal kemunculannya, kue-kue kekinian milik artis tersebut dinilai akan menggerus toko-toko kue kecil yang sudah ada sejak lama. Karena saat itu banyak acara infotainment yang membantu mempublikasikan dan mendapat respon dari masyarakat. Mereka yang terjun langsung ke dalam bisnis ini adalah Ayu Ting Ting, Dude Harlino, Syahrini, Ricky Harun, dan masih banyak lagi.

Setelah kue kekinian, disusul restoran makanan mulai dari makanan modern ala luar negeri hingga tradisional. Salah satu restoran yang cukup familiar karena diminati masyarakat dan telah membuak cabang di berbagai tempat di antaranya Geprek Bensu.

Terkenal dengan filmnya, Filosofi Kopi, Rio Dewanto akhirnya memutuskan untuk membuka peluang bisnis di bidang kuliner kopi. Untuk memanjakan lidah penikmat kopi, Rio Dewanto membuka All Good Coffee & Kitchen di dua tempat, yaitu di kawasan Melawai dan Kemanggisan. Dinilai sepi pengunjung, kedai kopinya di kawasan Melawai akhirnya menutup gerainya pada 2015 lalu.

Didirikan para artis pada awal 2011, Sushi Miya81 sempat menjadi pelopor resto sushi di Jakarta. Digawangi nama besar, seperti Christian Sugiono, Dude Harlino, Adi Nugroho, Teuku Wisnu dan lain sebagainya, resto ini mendapat penilaian yang kurang memuaskan di situs Zomato. Membawa nama-nama terkenal tak lantas membuat Sushi Miya81 dicari-cari pelanggan, dan restoran ini kini harus tutup lantaran bangkrut.

Ramainya restoran para artis ditengarai karena popularitas sang artis. Banyak yang memberi penilaian bahwa popularitas dan nama artis lah yang membuat bisnis mereka diminati dan selalu ramai pengunjung.