Serbuan Teritorial Kodim Manokwari Fokus Pencegahan Covid-19
beritapapua.id - Serbuan Teritorial Kodim Manokwari Fokus Pencegahan Covid-19 - kabarpapua

Kodim Manokwari melakukan penyemprotan di Pelabuhan Manokwari. Ini merupakan kegiatan serbuan teritorial saat ini yang difokuskan pada pencegahan Covid-19. Hal ini dilakukan mengingat situasi dan kondisi yang semakin mencemaskan masyarakat terkait penyebaran Covid-19

“Saya memerintahkan seluruh anggota saya untuk terlibat dalam kegiatan serbuan teritorial ini,” kata Dandim 1801 Manokwari Kolonel (Inf) Juniras Lumban Toruan saat ditemui wartawan di Pelabuhan Manokwari, Kamis (26/3/2020).

Saat ini sangat diperlukan kerja sama antar masyarakat, pemerintah, dan pihak berwajib untuk sama-sama menjaga keamanan lingkungan agar penyebaran Covid-19 bisa tertangani dengan baik dan tidak menimbulkan banyak korban. Kedisiplinan warga juga merupakan hal yang penting untuk menuruti segala himbauan dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah agar bisa memutus rantai persebaran Covid-19.

Baca Juga: Masyakarat Diminta Patuhi Surat Edaran untuk Aktifitas Sehari-hari

Jumlah Alat Semprot dan Lokasi Penyemprotan

“Alat yang saat ini kita gunakan sekitar 80 alat semprot, tapi ada pengiriman alat semprot sekitar 300 lagi. Alat semprot ini kan kita gunakan untuk fasilitas umum, pelaksanaan penyemprotan saat ini kita lakukan di Pelabuhan Manokwari, bekerja sama dengan  pihak kepolisian, “ tuturnya.

Penyemprotan akan dilakukan di daerah-daerah yang dijamah oleh penumpang. Dan kedepan kata Dandim, akan dilaporkan kepada bupati apabila bisa dilakukan ke sektor-sektor yang lebih besar lagi. Seperti yang dilakukan oleh pihak kepolisian, dengan menggunakan mobil. “Itu sangat penting agar kita terhindar dari virus Covid-19 ini,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan masyarakat harus terhindar dari Covid-19. “Itu sudah merupakan kewajiban kita dan sudah diinstruksikan oleh pak bupati kepada kita, kita juga bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten, untuk sama-sama memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat bahwa yang namanya Physical  Distancing itu menjaga jarak masing-masing, tinggal di rumah. “Itu harus dipatuhi. Apa mereka tinggal di rumah. Yang tidak penting-penting tidak usah keluar,” pungkasnya.

Dandim juga menambahkan besok akan dilaksanakan kegiatan di Pasar Sanggeng dan  Pasar Wosi yang ramai dikunjungi masyarakat. Sebuah upaya dilakukan agar tempat-tempat penting tetap menjadi salah satu area aman untuk masyarakat berbelanja bahan pokok.