Sering Pusing saat Puasa? Perhatikan Hal Ini
Ilustrasi pusing atau sakit kepala (foto : halodoc.com)

Bulan Ramadhan tiba, umat muslim berbondong-bondong melakukan ibadah puasa. Namun, alih-alih semangat, justru sebagian orang merasa pusing saat berpuasa. Pernah kah Anda merasa demikian?

Dari National Headache Foundation, puasa memang meningkatkan risiko terserang sakit kepala. Tapi tenang saja, kasus ini tidak terjadi pada semua orang. Ada beberapa orang yang berisiko terserang sakit kepala saat berpuasa.

Umumnya, menahan rasa lapar dan haus mampu memicu sakit kepala. Hal ini karena orang yang berpuasa terserang dehidrasi. Tubuh kekurangan cairan air dan garam. Akhirnya, kepala akan mudah pusing.

Biasanya, pusing akan muncul kepada mereka yang jarang puasa. Ini karena ada perubahan asupan garam pada tubuh yang berubah secara ekstrem.

Selanjutnya, sebab pusing saat puasa adalah gula darah yang turun. Tak hanya kurang makanan saja, gula darah turun bisa jadi karena terlalu lelah. Misalnya, tubuh kurang tidur atau melakukan aktivitas berat.

Baca Juga : Bupati Teluk Bintuni Putus Izin PT Sawit Makmur

Kemudian, ada satu golongan orang yang rentan terkena pusing. Yakni, adalah orang yang gemar mengonsumsi kafein seperti kopi dan teh pada pagi hari. Mengutip kompas.com, orang-orang seperti ini akan rentan terkena pusing saat awal puasa.

Alasannya, tubuh sudah terbiasa dengan kandungan kafein untuk bekerja lebih optimal. Kehilangan asupan ini dapat memengaruhi tubuh, salah satunya pusing.

Lantas, bagaimana cara mengatasi pusing saat berpuasa?

1. Memijat Kepala

Karena kita sedang berpuasa, jadi tidak mungkin kita menenggak obat sakit kepala. Untuk itu, kita dapat melakukan terapi sederhana yakni dengan cara memijat kepala. Mengtip halodoc, ada cara khusus untuk menghilangkan sakit kepala dengan cara memijat kepala.

Pertama, pijat bagian tulang pipi dengan gerakan melingkar. Kemudian secara perlahan naik ke atas pada bagian sisi luar kedua mata. Lanjutkan hal ini hingga jari bertemu pada bagian tengah dahi.

2. Bersiap Sejak Sahur

Kedua, kita dapat cegah rasa sakit kepala dengan mempersiapkan segala hal sejak sahur. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti air kaldu. Selain itu, kita bisa mengonsumsi air yang cukup dan makanan bergizi.

Hal ini juga dapat menjadi solusi bagi teman-teman yang sudah terbiasa minum kafein. Untuk mencegah sakit kepala karena kurang kopi, maka minumlah sedikit kopi atau teh saat sahur. Namun, ingatlah untuk mengimbangi asupan air putih dan kopi. Pasalnya, kopi dan teh bersifat menyerap cairan.

3. Hindari Cahaya Silau

Mata yang lelah dapat menjadi penyebab pusing. Biasanya, hal ini terjadi bagi mereka yang terlalu sering menatap layar komputer atau handphone. Untuk itu, Anda bisa kurangi tingkat kecerahan layar atau istirahat sejenak.