Serui
Berita Papua - Pasir Putih Pantai Sarwandori Kepulauan Yapen Papua

Serui adalah Ibukota di Kabupaten Yapen, Serui merupakan kota kepulauan. Apa yang biasanya kalian bayangkan jika mendengar tentang Papua?, freeport, tambang emas dengan orang-orang kulit hitamnya, tapi Anda tidak akan menemukan tambang emas di Serui, Papua Barat. Untuk menuju kota ini kita diharuskan naik pesawat kecil dari Pulau Biak, lucunya jika kita naik pesawat ke kota yang satu ini, harga tiket pesawat dihitung berdasarkan bobot. Jadi, jangan heran jika membeli tiket maka otomatis kita juga akan ikut ditimbang bersamaan dengan barang bawaan kita.

Jika ke Serui kalian akan melihat alasan kota tersebut diberi julukan Kota Kembangnya Papua ya, betul! Dikarenakan wanita-wanita Serui terkenal akan kecantikannya dan seluruh penduduk Papua mengakuinya. Di kota ini juga banyak kita jumpai keturunan Papua-Tionghoa, warga setempat kerap menjulukinya wanita “Perancis” atau “Peranakan Cina Serui“ dengan kulit sawo matang dan mata sipit serta rambut yang sedikit bergelombang. Ya, memang akan jarang ditemukan orang yang berkulit hitam di kota ini.

Dikarenakan letak, jarak dan cara tempuh ke kota ini sulit maka kota ini masih jarang terjamah oleh wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Tetapi bukan berarti di kota ini tidak ada destinasi wisatanya, justru banyak destinasi wisata yang masih sangat alami dan menakjubkan. Seperti Pantai Mariadei, Sarawandori, Pantai Mioka, Air Terjun Mantembu, Tanjung Lobang dan beberapa pulau kecil yang bias disinggahi menggunakan perahu nelayan.

Baca juga: Kuliner Papua, Makanan Unik Cita Rasa Indonesia

Nah, ini beberapa referensi wisata yang bisa kalian kunjungi:

Telaga Sarawandori Serui Papua Barat

Serui
Beritapapua.id – Telaga Sarwandori

Telaga ini bagaikan mutiara indah yang tersimpan dan tersembunyi di Papua, letaknya kurang lebih 15-20 menit ke arah barat dari kota Serui menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Mariadei Serui Papua Barat

Serui
Beritapapua.id – Pantai Mariadei

Ada pula Pantai Mariadei yang sangat menawan dengan menawarkan sejuta keindahan bagi masyarakat sekitar serta wisatawan. Keindahannya membuat pantai ini tidak pernah sepi akan pengunjung.

Air Terjun Mantembu

Nah, jika kalian mulai bosan dengan pantai, coba kunjungi Air Terjun Mantembu. Air terjun ini memiliki air yang sangat dingin juga akan menjadi tempat yang menarik untuk berswafoto. Dan masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa di eksplorasi jika kalian berkunjung ke kota ini.