Setelah DKI dan Jawa Barat, Kini Banten Siap Menerapkan PSBB
beritapapua.id - Setelah DKI dan Jawa Barat, Kini Banten Siap Menerapkan PSBB - Alinea

Setelah DKI dan Jawa Barat, Kini Banten Siap Menerapkan PSBB – Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk Provinsi Banten saat ini sedang dalam proses di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Hari ini proses PSBB untuk wilayah Banten, Tangerang Kota, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan. Kami berharap hari ini bisa disetujui,” ujarnya saat konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Sesuai dengan prosedur, pengajuan PSBB tersebut akan dikaji terlebih dahulu oleh tim dari Kemenkes dan kementerian atau lembaga terkait lainnya. Dari hasil kajian tersebut maka pemerintah pusat akan memutuskan penerapan PSBB dapat dijalankan.

Adapun menurut Yurianto saat PSBB di Provinsi Banten dapat terlaksana, maka kluster Jabodetabek nantinya akan terintegrasi dan hal ini akan memudahkan pengendalian penyebaran Covid-19 di kawasan Jabodetabek.

“Penyakit ini faktor pembawanya manusia. Pembatasan yang dilakukan ditujukan mengendalikan itu agar kontak dekat, transmisi lokal bisa dikontrol semaksimal mungkin supaya penyebaran bisa diselesaikan,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Ada Aktivitas 3 Hari, Warga Sorong Berbondong-bondong ke Pasar

Pemerintah Menyetujui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Banten

Pemerintah akhirnya menyetujui  pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Provinsi Banten. Achmad Yurianto menyebutkan bahwa Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sudah menandatangani surat pengajuan PSBB tersebut.

“Sudah (ditandatangani),” ujar Juru Bicara Pemerintah soal Penanganan Corona, dr Achmad Yurianto, saat dikonfirmasi, Minggu (12/4/2020).

Menurutnya, PSBB di wilayah Provinsi Banten meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Ketiga wilayah tersebut merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah mengaku wilayahnya telah siap untuk menerapkan PSBB guna menekan angka penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Pengajuan PSBB di wilayah kota Tangerang mendapat lampu hijau oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dengan tujuan untuk menekan penyebaran COVID-19,” ucar Arief dalam keterangan tertulis, Minggu (12/04/2020).

Penerapan PSBB di Kota Tangerang sejalan dengan kebijakan di DKI Jakarta.”Karena Kalau DKI Jakarta saja yang PSBB akan kurang maksimal kalau sekitarnya tidak dilakukan hal yang sama,” tuturnya.

Arief mengatakan bahwa dalam waktu dekat, Pemkot Tangerang, Kabaputen Tangerang dan Tangerang Selatan akan menggelar rapat koordinasi bersama. Hal ini dilakukan untuk membahas langkah-langkah yang akan diberlakukan selama masa PSBB.

“Besok kita akan rapat bersama seluruh Fokorpimda di Tangerang Raya, yang difasilitasi oleh Pemprov Banten, tutupnya.