Siapkah Indonesia Untuk Terbiasa Dengan New Normal Life
beritapapua.id - Siapkah Indonesia Untuk Terbiasa Dengan New Normal Life - JabarNews

Di tengah belum pastinya berakhirnya pandemi Covid-19, pemerintah mulai mewacanakan kehidupan normal baru (new normal life). Masyarakat diharapkan dapat segera melaksanakan aktivitas seperti biasa, tetapi dengan cara yang baru. Menurut Presiden Jokowi, pemerintah akan mengatur agar kehidupan masyarakat secara perlahan dapat berjalan normal.

Kehidupan yang berubah akibat pandemi merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, Jokowi menyatakan agar masyarakat harus dapat hidup berdampingan dengan Covid-19. Asumsi yang digunakan dalam konsep kehidupan normal baru adalah virus corona belum bisa dibasmi dalam waktu dekat.

Untuk menghadang dampak negatif yang berkepanjangan, maka salah satu solusinya masyarakat melakukan kegiatan rutinnya dengan tata cara yang baru. Untuk dapat melaksanakannya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Syuting Film Song Joong Ki di Tunda Karena Pandemi

Panduan New Normal Life Khusus Bagi Pekerja

Panduan itu terbagi menjadi saat perjalanan menuju tempat kerja, selama berada di tempat kerja dan saat kembali ke rumah.

Saat menuju tempat kerja:

  1. Pekerja harus dalam kondisi sehat. Jika ada keluhan batuk, pilek, demam disarankan tetap tinggal di rumah.
  2. Selama perjalanan, diminta memakai masker.
  3. Sebisa mungkin tidak menggunakan transportasi umum. Jika terpaksa menggunakan transportasi umum, disarankan tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.Tidak sering menyentuh fasilitas umum dan gunakan hand sanitizer.
  4. Pembayaran transportasi umum disarankan memakai transaksi secara non tunai. Jika terpaksa memegang uang agar segera menggunakan hand sanitizer sesudahnya.
  5. Selama perjalanan, upayak tidak menyentuh wajah atau mengucek mata dengan tangan atau gunakan tissue bersih jika terpaksa.

Ketika tiba dan berada di tempat kerja:

  1. Segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  2. Upayakan menggunakan siku untuk membuka pintu dan menekan tombol lift. Diharapkan tidak berkerumun dan menjaga jarak di lift dengan posisi saling membelakangi.
  3. Bersihkan meja/area kerja dengan desinfektan.
  4. Tidak sering menyentuh fasilitas/peralatan yang dipakai bersama di area kerja. Adapun jika telah menyentuh agar segera menggunakan hand sanitizer.
  5. Jaga jarak dengan rekan kerja minimal 1 meter.
  6. Usahakan aliran udara dan sinar matahari masuk ke ruang kerja.
  7. Disiplin memakai masker dan membiasakan tidak berjabat tangan.

Saat kembali ke rumah:

  1. Jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum membersihkan diri (mandi dan mengganti pakaian kerja).
  2. Disarankan agar segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen.
  3. Jika dirasa perlu bersihkan handphone, kacamata, tas dengan desinfektan.
  4. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit perhari, istirahat cukup (tidur minimal 7 jam), berjemur di pagi hari.
  5. Lebih berhati-hati apabila memiliki penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, gangguan paru dan gangguan ginjal atau kondisi immunocompromised/penyakit autoimun dan kehamilan.
  6. Upayakan penyakit degeneratif selalu dalam kondisi terkontrol.