Simak 15 Jurusan di Indonesia Yang Lulusannya Dibutuhkan di Masa Depan
beritapapua.id - Ilustrasi kedokteran. (Foto: Istimewa)

Jadwal penerimaan mahasiswa baru di jenjang perguruan tinggi sudah semakin mendekat, oleh karena itu untuk menghadapi persaingan di masa depan, diharapkan seluruh siswa kelas 12 yang ada di Negara Indonesia harus banyak mencari tahu tentang jurusan kuliah maupun tentang universitas.

Bagi seluruh siswa kelas 12 yang berencana ikut SNMPTN dan SBMPTN 2022, apabila ingin menentukan jurusan kuliah menjadi hal krusial yang wajib diketahui dengan sangat baik agar dapat menentukan pilihannya dengan baik.

Semua wajib mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih jurusan kuliah. Seperti mengetahui minat dan bakat hingga prospek kerja jurusan yang akan dipilih. Di masa depan, ada beberapa jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan lho.

Baca Juga: Covid-19 Varian Omicron Tembus 1.078 Kasus

Merangkum dari laman Ruang Guru, Kamis (20/1/2022), ada 15 jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan di masa depan. Yuk simak bersama informasi beberapa jurusan perguruan penting di indonesia!

  1. Psikologi
    Hingga saat ini jurusan Psikologi masih jadi favorit bagi pendaftar SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia serta gangguan kesehatan mental yang dialami. Di masa yang akan datang, lulusan dari jurusan Psikologi akan selalu dibutuhkan di dunia kerja.
  2. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat
    Tidak perlu diragukan lagi, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang. Tenaga ahli di bidang kesehatan bisa membantu menangani penyakit yang diderita manusia. Bahkan adanya pandemi Covid-19, tenaga mereka diharapkan bisa menyelesaikan pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.
  3. Keperawatan
    Tak jauh beda dengan lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, profesi perawat tentunya masih akan dibutuhkan di masa yang akan datang.
  4. Farmasi
    Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Bidang farmasi tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja tetapi juga industri kosmetik.
  5. Matematika
    Sejak tahun 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika dan diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang. Jika kamu suka pelajaran Matematika, jurusan ini bisa kamu pertimbangkan lho.
  6. Statistika
    Lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.
  7. Desain Grafis dan Seni Rupa
    Tahun 2021 ini lulusan Desain Grafis maupun DKV semakin dibutuhkan. Kamu bisa bekerja dimana saja. Bahkan tanpa terikat kontrak dengan satu perusahaan alias menjadi freelancer. Sumber pendapatan yang kamu peroleh pun bisa menjadi lebih banyak.
  8. Manajemen Bisnis
    Mahasiswa jurusan ini bisa bekerja sebagai Business Development, Project Manager atau menciptakan lapangan kerja sendiri. Tak perlu khawatir soal peluang karier, karena lulusannya diperlukan hampir di semua sektor industri baik sekarang maupun di masa yang akan datang.
  9. Teknik Informatika (IT)
    Negara Indonesia merupakan salah satu pengguna aplikasi mobile paling aktif di dunia, sejajar dengan Tiongkok dan Korea Selatan. Mahasiswa lulusan Teknik Informatika menguasai bahasa pemrograman, hitung-hitungan, algoritma komputer, hingga kecerdasan buatan. Sehingga lulusan jurusan Teknik Informatika tentu masih sangat dibutuhkan di masa depan.