Sistem Manajemen Kompetensi
Beritapapua.id - Sistem Manajemen Kompetensi Layanan Konsultasi Petrotekno

Sistem Manajemen Kompetensi Layanan Konsultasi Petrotekno – Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi (SDA Migas) terbentang luas di bumi nusantara yang merupakan potensi besar Negara Indonesia. Kondisi tersebut merupakan aset yang mahal dan sekaligus sebagai faktor keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh setiap negara. Potensi sumber daya alam Migas tersebut merupakan faktor dominan dalam strategi pembangunan bangsa dan negara Indonesia terutama dalam menghadapi era globalisasi.

Sistem Manajemen Kompetensi Petrotekno

Petrotekno menyediakan layanan konsultasi kepada klien di berbagai industri untuk membangun dan menerapkan sistem manajemen kompetensi. Sistem Manajemen Kompetensi cenderung memiliki pendekatan yang lebih multidimensi dan komprehensif serta mencakup alat-alat seperti manajemen kompetensi, analisis kesenjangan keterampilan, perencanaan suksesi, serta analisis dan profil kompetensi.

Baca juga artikel terkait:

  1. Peranan Penting Instalasi Instrumentasi Dalam Industri Migas
  2. Konsultan Sistem Manajemen Kompetensi dan Manfaatnya

Bagi sebagian orang, istilah kompetensi mungkin identik dengan keterampilan. Bagi yang lain, definisi kompetensi yang lebih luas adalah kompetensi = keterampilan + pengetahuan + perilaku. Misalnya, lembaga pendidikan (tentu saja lembaga pendidikan tinggi) lebih fokus pada dimensi kompetensi informasi. Karenanya untuk banyak profesi, pendidikan formal dan kelulusan diikuti oleh periode latihan yang biasanya di bawah arahan para praktisi yang berkualifikasi. Kerja praktek pasca pendidikan seperti itu adalah ketika seseorang mengambil keterampilan dan perilaku yang diperlukan untuk menjadi praktisi yang kompeten. Kebutuhan untuk memperoleh pendidikan, keterampilan, dan kemampuan untuk melakukan perilaku profesional seringkali merupakan persyaratan dari seorang praktisi yang kompeten.

Sumber Daya Alam
Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi

Seperti yang digunakan oleh The Gill Payne Partnership Ltd secara luas dalam sektor energi sejak 1992, definisi kompetensi mereka adalah “Kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas yang diperlukan atau ditentukan, dengan aman, dengan standar yang ditetapkan, dan dalam berbagai kondisi”. Dalam standar kompetensi yang mereka ciptakan untuk klien dan digunakan dalam sistem mereka, mereka mengembangkan standar kinerja dan, pengetahuan dan standar pemahaman.

Karena itu, untuk pengelolaan SDA tersebut diperlukan SDM yang kompeten. Guna mendorong dan merealisasikan SDM yang kompeten tersebut harus dipersiapkan dan dirancang secara sistematis antara lain dalam hal sistem diklat dan perangkat-perangkat pendukungnya. Dengan demikian akan dihasilkan SDM yang handal untuk mengelola kekayaan SDA secara profesional.