Sitti Hikmawatty, Wanita Bisa Hamil Karena Berenang
beritapapua.id - Sitti Hikmawatty, Wanita Bisa Hamil Karena Berenang - Kumparan

Baru-baru ini publik dibuat heboh dengan pernyataan kontroversial dari Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty yang menyebutkan kalau wanita bisa hamil saat berada di kolam renang bersama laki-laki.

Mengutip dari TribunJakarta.com hal ini bermula saat Sitti menjelaskan kehamilan dapat terjadi pada perempuan yang sedang berenang di kolam renang. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahwa kaum hawa bisa hamil jika berenang dengan kaum laki-laki.

Ia menyebutkan kehamilan yang berindikasi dari kolam renang ini sebagai contoh hamil tidak langsung (tidak terjadi hubungan fisik).

“Pertemuan yang tidak langsung misalnya ada sebuah mediasi di kolam renang, ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat,” ujar Sitti

Kemudian ia juga menjelaskan kehamilan itu bisa terjadi terlebih saat wanita dengan berada dalam fase kesuburan.

“kalau perempuannya sedang fase subur bisa saja terjadi,” ucapnya.

Pernyataan itu lalu menuai banyak reaksi beragam dari masyarakat hingga menjadi pembicaraan di media sosial. Banyak yang menilai apa yang diucapkan oleh Komisioner KPAI tersebut tidak masuk akal dan tidak dilandasi dengan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: “Panglima” P2TIM-TB Diwisuda Dengan Status Tanpa Kesalahan

Penjelasan Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)

Ketua Biro Hukum dan Pembinaan Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr. HN Nazar merespon pernyataan Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty. Menurutnya wanita tidak mungkin bisa hamil saat berada di kolam renang bersama laki-laki.

Menurutnya kehamilan itu tidak bisa terjadi karena sperma yang berada di kolam renang tidak bisa bertahan lama karena kandungan air kolam renang yang sudah tercampur dengan kaporit.

“Kenyataannya tidak mungkin apalagi kolam renang yang airnya sendiri bukan air murni yang ada kaporit segala macam di dalamnya tidak mampu sperma itu bertahan,” ucap Dr. HN Nazzar

Selain itu Dr. HN Nazzar menjelaskan bahwa faktor yang bisa membuat wanita hamil anatara lain mutu ovum, kualitas sperma, serta komponen lainnya yaitu pembuahan dalam organ reproduksi perempuan.

“Yang lebih menentukan lagi pembuahan itu kan dalam kondisi yang spesial dalam organ reproduktif yang harusnya ‘favourable’,” sambungnya.

Sitti Hikmawatty Meminta Maaf

Setelah viral dan menghebohkan masyarakat, Komisioner KPAI Sitti Hikmawatty akhirnya meminta maaf atas pernyataan yang disampaikannya beberapa wakt lalu. Ia mengakui bahwa pernyataannya tidak benar dan telah menghebohkan masyarakat luas.

Berikut permintaan maaf Sitti Hikmawatty soal pernyataanya yang dirilis hari Minggu 23 Februari 2020 :

Terkait statemen saya mengenai kehamilan di kolam renang, perlu saya sampaikan sebagai berikut:
1. Saya meminta maaf kepada publik karena memberikan statemen yang tidak tepat
2. Statemen tersebut adalah statemen pribadi saya dan bukan dari KPAI. Dengan ini saya mencabut statemen tersebut
3. Saya memohon kepada semua pihak untuk tidak menyebarluaskan lebih jauh atau malah memviralkannya.

Demikian, atas perhatian dan pengertiannya kami ucapkan terimakasih.