SMS Gateway, Inovasi Polda PB Tingkatkan Layanan Masyarakat
Layanan cepat pengaduan masyarakat. (Dok Polda Papua Barat)

Inovasi Polda Papua Barat dalam meningkatkan layanan mereka kepada masyarakat adalah melalui layanan SMS GATEWAY. Dalam hal ini masyarakat dapat langsung memberikan pengaduaan dalam bentuk SMS. Polda Papua Barat akan menerima langsung pengaduan masyarakat tersebut melalui SMS juga.

“Sistem SMS pengaduan itu menggunakan server khusus SMS GATEWAY sehingga diterima oleh server dan akan ter-forward secara otomatis ke Kapolda, Wakapolda, Irwasda, PJU dan Kapolres jajaran,” ujar Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol Adam Erwindi, Rabu (3/3) siang tadi.

Adam juga menjelaskan layanan sms pengaduan tersebut sebagai bentuk inovasi dalam peningkatan layanan guna mendukung Polri. Dan presisi itu tidak sebatas aplikasi semata.

Ia juga menuturkan bahwa saat menerima, sms akan ter-teforwad otomatis, dan kemudian Satker atau Satwil terkait akan segera merespon pengaduan tersebut.

“Saat sms itu diterima dan ter-forward otomatis, maka Satker atau Satwil terkait akan langsung merespon pengaduan itu. Apalagi, pimpinan Polda Papua Barat memantau langsung tindak lanjut laporan pengaduan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Kejuaraan Road Race Bupati Cup Maurake Resmi Digelar

Kombes Pol Adam Erwindi juga sangat berharap dengan adanya sms gateway. Karena sangat membantu Polda Papua Barat dalam memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat, hingga ke pelosok.

Kabid Humas sangat berharap Pesan Aduan Cepat atau PESAT sangat bisa menjadi komunikasi yang baik lagi. Untuk masyarakat memberikan pengaduan kepada Polda Papua Barat. Agar masyarakat dapat memaksimalkan aplikasi Pesat secara efektif.

Harapan Kabid Humas Dalam Inovasi SMS Gateway

Baca juga: Gubernur dan Kapolda PB Ajak Masyarakat Dukung Program Vaksinasi

Untuk dapat mengaskses layanan sms pengaduan tersebut dengan mengirimkan pesan via sms gateway di nomor 08-1234-80-110 berlaku untuk seluruh wilayah Papua Barat.

Kabid Humas juga mengingatkan kepada masyarakat agar menyampaikan informasi dengan bijak, tidak memberikan pengaduan yang bersifat jujur dan tidak bersifat fitnah dalam bentuk apapun.

Tidak lupa juga Kabid Humas menyampaikan, masyarakat yang ingin memberikan saran juga dapat melakukannya melalui aplikasi tersebut.

Berharap dengan adanya layanan ini juga bisa membuat masyarakat memberikan saran positif. Agar Polda Papua Barat lebih baik untuk ke depannya untuk bisa memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat.