Persipura di Piala Menpora
Soal Persipura di Piala Menpora, Belum Pasti Ikut. Sumber: Bola.net

Hingga pertengahan Maret (18/03), PSSI masih menunggu kabar keikutsertaan Persipura dalam laga Piala Menpora 2021. Jika sesuai jadwal, kompetisi tersebut akan berlangsung pada tanggal 21 Maret mendatang.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, berharap akan ada kabar baik dari Tim Mutiara Hitam tersebut.

“Tinggal Persipura saja yang belum memberi kepastian, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera ada kabar baik,” ungkap Yunus Nusi mengutip bola.com.

Kendati demikian, pada dasarnya Persipura telah memutuskan untuk absen dari Piala Menpora. Pada tanggal 9 Maret lalu, Persipura Jayapura memutuskan untuk tidak ikut serta lantaran sakit hati dengan penyelenggara PT Liga Indonesia Baru.

“Sejujurnya kami tidak ikut Piala Menpora karena OC dan PT LIB tidak berlaku adil dan tidak profesional. Mereka tahu itu, PSSI juga tahu itu. Sebab kami sudah bersurat dan menjelaskan semua itu,” tulis Ketua Persipura, Benhur Tomi Mano.

Menanggapi hal tersebut, PSSI masih menanti adanya perubahan keputusan. Menurut Yunus, pihaknya tidak akan memaksa Persipura untuk bergabung dalam kompetisi tersebut. Piala Menpora akan tetap berlangsung meski hanya 17 tim saja.

“Akan tetapi kalau memang tidak bersedia, mau tidak mau 17 tim saja yang ikut bersaing. Hasil drawing sudah ditetapkan khususnya untuk jadwal tim Papua yang berada di Grup A terpaksa hanya diikuti empat tim saja,” jelasnya.

Ke depannya, Yunus menyebut Piala Menpora 2021 sebagai uji coba untuk kompetisi Liga 1, 2 dan 3. Maksudnya, pihaknya hendak memastikan keamanan pertandingan dalam masa pandemi. Mulai dari protokol kesehatan pemain dan pihak yang terkait.

“Turnamen ini sebagai penentu untuk Liga 1, Liga 2 dan Liga selanjutnya,” pungkas Yunus.

Absen pada Piala Menpora, Bagaimana dengan Piala AFC?

Baca juga: Pura-Pura Tidak Tahu Kesalahan Orang Lain adalah Terhormat

Fans Mutiara Hitam tak perlu bersedih. Pasalnya, Persipura akan bertanding pada Piala AFC pada Mei 2021. Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano membenarkan hal tersebut. Ia menyebut timnya sudah siap untuk tampil pada AFC Cup.

“Persipura sudah siap tampil pada ajang piala AFC. Saat ini pemain berlatih mandiri untuk menjaga kondisi fisik,” jelas Benhur mengutip Antara.

Benhur berharap tim-nya mampu menampilkan performa yang baik. Meski dalam kondisi yang sulit, Benhur yakin Persipura mampu membawa nama klub sepak bola Indonesia dalam kancah internasional.

“Saya mohon dukungan dan doa semua fans Persipura Jayapura agar bisa tampil all out dalam PIala AFC 2021,” ungkapnya.

Menurut informasi, Jackson F Tiago akan melatih para pemain Timm Mutiara Hitam. Ia adalah sosok yang akrab dengan para pemain serta paham karakter dan cara bermain tim.