Solidaritas Rakyat Papua Peduli RHP Menggelar Aksi Demo di Kota Jayapura
beritapapua.id - Solidaritas Rakyat Peduli RHP Papua gelar demo damai di Taman Imbi Kota Jayapura. (Foto: Papuainside)

Sejumlah massa mengatasnamakan Solidaritas Rakyat Papua Peduli RHP (Ricky Ham Pagawak) menggelar aksi demo di Taman Imbi Kota Jayapura, Senin (13/6/2022).

Ratusan massa tersebut memprotes KPK terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi di Pemkab Mamberamo Tengah 2013-2019.

KPK sendiri mengumumkan tengah mengusut kasus tersebut dan telah menetapkan tersangka namun belum menyampaikan ke publik.

Pendemo mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menghentikan segala proses hukum terhadap RHP. Mereka menilai KPK tidak obyektif dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi di Pemkab Mambermo Tengah 2013-2019.

“Kami meminta agar KPK menghentikan segala proses hukum terhadap RHP, memulihkan harkat, martabat dan nama baik Ricky Ham Pagawak dan menginvestigasi pihak-pihak yang bermanuver memanfaatkan proses hukum di KPK untuk kepentingan politik,” ucap Dolfinus Weya, Perwakilan RHP.

KPK Belum Menetapkan Tersangka

Dolfinus Weya dalam pernyataan sikapnya juga menyesalkan pemberitaan media dan menyesalkan proses hukum yang dilakukan KPK. Terlebih hingga saat ini KPK belum menetapkan tersangka, namun pemberitaan menyudutkan RHP.

“Bapak Ricky Ham Pagawak adalah tokoh besar Papua, tokoh perwakilan wilayah Lapago dan Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua sehingga beliau adalah simbol rakyat Pegunungan Tengah Papua,” ungkap Dolfinus Weya.

Massa menyebutkan, proses yang ada sengaja dilakukan untuk ‘membunuh’ karier politik Ham Pagawak.

Baca Juga: PT. BIA Gangdeng Pemkab Merauke Untuk Melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat

“Tindakan bapak Ham Pagawak tidak pernah merugikan keuangan negara. Sampai saat ini semua keuangan daerah dan proyek pemerintah di Mamberamo Tengah selesai dengan baik,” katanya.

Dalam aksi demo tersebut Polresta Jayapura Kota menurunkan 400 personil yang tersebar di beberapa titik se Kota Jayapura dan juga di Taman Imbi.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Dr. Victor D. Mackbon menjelaskan bahwa Forum RHP Papua tengah membangun komunikasi dengan Polisi.

“Komunikasi dibangun dengan baik, kami tolak untuk aksi ini sebenarnya, namun kami tetap beri solusi dengan audiensi di Mapolda dan berorasi di Taman Imbi, Kota Jayapura,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa ada sekitar 200 orang yang menjalankan demo di Imbi. Akhirnya massa membubarkan diri pada pukul 12. 30 WIT dimana 20 orang perwakilan melakukan audiensi di Mapolda Papua.