Sosialisasi Pencegahan Corona Lewat Sayur Online Teluk Bintuni
beritapapua.id - Foto relawan sayur mayur segar yang dijual secara online di Teluk Bintuni, dengan memakai APD dan protokol ketat untuk mencegah penyebaran virus corona. Foto: Yohanes Akwan

Sosialisasi Pencegahan Corona Lewat Sayur Online Teluk Bintuni – Pesan kiat-kiat pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus digaungkan di Teluk Bintuni, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Relawan Sayur Segar online yang selama ini menjembatani penjualan hasil kebun Mama-Mama Papua kepada pembeli pun ikut dalam sosialisasi Sosialisasi Pencegahan Corona ini.

Menerapkan standar keamanan sebagai standar operasional prosedur (SOP) dalam aktivitas dagang menjadi visualisasi mereka dalam sosialisasi ini. Mengajak masyarakat untuk selalu mematuhi kiat pencegahan corona merupakan misi yang dilakukan di samping mendukung kegiatan ekonomi daerah.

Adapun standar keamanan pencegahan corona yang harus diterapkan di dalam setiap kegiatannya adalah: Jumlah pengantar tidak boleh lebih dari dua orang, edukasi kepada setiap relawan perihan protokol pencegahan corona, waktu pengantaran yang dibatasi, pemakaian masker, sarung tangan serta cuci tangan setiap sebelum dan selesai pengantaran, setiap selesai melakukan pengantaran harus melepas masker dan sarung tangan dan segera mandi. Konsekuensi dari tidak dilakukannya SOP ini, maka pembeli berhak mendapatkan produk yang dipesannya secara gratis.

Setiap relawan yang melakukan audiensi dengan warga maupun pembeli tak lupa pula menyebarkan pesan perihal kiat pencegahan corona yang diimbau oleh pemerintah.

Baca Juga: Keindahan Pangkur Sagu, Bak Tarian Berbalut Tradisi

Kolaborasi Pemerintah Daerah dan LSM Dalam Memerangi Corona

Sosialisasi Pencegahan Corona Lewat Sayur Online Teluk Bintuni
beritapapua.id – Poster yang menjadi bagian dari sosialisasi Pemerintah Daerah dan LSM dalam inisiasi sayur mayur segar online di Teluk Bintuni. Foto: Yohanes Akwan

Kegiatan relawan yang berasal dari inisiasi swadaya kelompok relawan ini, kini telah menjadi aksi kolaborasi dengan pemerintah daerah Teluk Bintuni. Perang melawan Covid-19 dalam berbagai aspek membutuhkan kerjasama yang baik dari seluruh elemen masyarakat.

Para relawan tetap berjalan dengan semangat sebagai penyambung kegiatan ekonomi di tingkat petani dan konsumen langsung di tengah pandemi. Antuasiasme masyarakat dan petani atau Mama-Mama Papua terhadap kegiatan ini begitu tinggi. Hingga kini, Sayur Segar Online telah melayani lebih dari 20 petani dan puluhan pembeli yang terpuaskan.

Intervensi pemerintah daerah yang mengambil bagian dari kegiatan ini, menjadi feedback positif yang diapresiasi penuh oleh masyarkat. Kerjasama yang baik antar elemen masyarakat dan pemerintah menunjukkan sebuah kultur masyarakat yang mau bergotong royong melawan suatu masalah.