Spesies Tumbuhan di Papua Terbanyak di Dunia
Beritapapua.id -Spesies Tumbuhan di Papua Terbanyak di Dunia - Jubi

Spesies Tumbuhan di Papua Terbanyak di Dunia – “Jika Anda terbang dengan helikopter, Anda akan menjumpai ngarai besar, lalu gunung yang tinggi, kemudian ngarai besar lainnya dan kemudian gunung lainnya,” jelas Mason Campbell, seorang ahli botani di James Cook University di Cairns, Australia.

Itu adalah ungkapan rasa takjub dari seorang peneliti dunia soal keindahan alam Papua. Bukan lagi sebuah rahasia bahwa Papua menjadi salah satu pulau yang terjaga keasriannya. Baru-baru ini, sebuah studi menyebut bahwa spesies tumbuhan dari Papua adalah yang paling banyak.

Sebuah studi dalam Jurnal Nature menyebut Papua memiliki spesies tumbuhan melebihi bagian dunia manapun. Studi dalam Jurnal Nature 5 Agustus 2020 itu sepakat bahwa Papua adalah pulau terkaya soal keanekaragaman hayati tumbuhan.

Jumlah spesies tumbuhannya adalah 2.000 kali lipat dari Madagaskar. Peneliti menyebut terdapat sekitar 13.634 spesies hidup di sana. Ini kemudian menjadi sebuah harta karun bagi para peneliti. Ahli botani dunia, Cámara-Leret, menyebut Papua boleh jadi ujung tombak terakhir keanekaragaman hayati tumbuhan dunia.

“Papua adalah salah satu ujung tombak terakhir keanekaragaman hayati. Salah satu area terakhir di mana para peneliti benar-benar berkesempatan turut mempelajari upaya pelestarian penting yang di wilayah yang paling beragam,” Papar Cámara-Leret, peneliti post doktoral Royal Botanic Gardens, dikutip dari Mongabay.

Studi menyebut hanya ada dua pertiga spesies tumbuhan endemik Papua. Artinya, jumlah tersebut adalah spesies yang tidak ditemukan di belahan dunia lain selain Papua.

Baca Juga: Kayu Sowang, Kayu Endemik dengan Kualitas Tinggi Asal Papua

Apa yang Menyebabkan Keanekaragaman Tumbuhan Papua?

Spesies Tumbuhan di Papua Terbanyak di Dunia
Beritapapua.id – Spesies Tumbuhan di Papua Terbanyak di Dunia – Trubus

Ilmuwan sepakat bahwa pembentukan geologi pulau Papua memiliki pengaruh besar atas kekayaan alamnya. Mulai dari rangkaian pegunungan, hutan bakau, rawa dan pantai merupakan hasil dari kompleksitas aktivitas geologi pulau tersebut.

Topografi yang begitu kompleks menyebabkan keragaman vegetasi tumbuhan. Misal, Puncak Gunung Jaya menjadi habitat tumbuhan yang berbeda dengan hutan bakau. Begitu pula sebaliknya.

Bagi peneliti, hal ini bagai koin berwajah dua. Yang mana keanekaragaman tumbuhan Papua menjadikannya laboratorium alam terbesar dunia. Namun, lantaran keadaan geografis Papua yang endemik membuat sebagian tumbuhan tidak bisa hidup pada wilayah lain. Artinya, jika habitatnya terganggu maka kemungkinan terbesarnya adalah kepunahan pada spesies tertentu.

Tiberius Jimbo, ahli biologi tanaman dari Institut Penelitian Hutan Papua Nugini, menyebut tumbuhan Papua perlu diperhatikan. Menurutnya lebih dari 1.000 spesies tanaman endemik Papua memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam daftar merah  tumbuhan yang harus dilindungi.