Sub PB PON Jayapura: 98% Fasilitas Pendukung PON XX Telah Siap
beritapapua.id - Koordinator Bidang III Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Izak Randy Hikoyabi. (foto : jubi)

Sub Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Kabupaten Jayapura menyatakan kesiapan fasilitas pendukung di Kabupaten Jayapura telah mencapai 98 persen.

Koordinator Bidang II, Izak Randy Hikoyabi pada Rabu, (18/08/21) mengatakan bahwa kesiapan Kabupaten Jayapura jelang PON XX mencapai 98 persen.

Ia mengatakan kesiapan akomodasi, transportasi, kesehatan, dan konsumsi PON XX Papua di Kabupaten Jayapura telah mencapai 98 persen.

Hikoyabi juga mengatakan persiapan akomodasi bagi seluruh atlet dan official telah siap untuk ditempati. Tidak hanya itu persiapan untuk Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON di Kabupaten Jayapura sebagian besar juga telah siap untuk ditempati.

Akomodasi itu tersebar di empat zona penyelenggaraan, yaitu di Kampung Harapan, Sentani, Pangkalan TNI AU Silas Papare, dan Doyo Baru.

“Ada 30 hotel dengan 980 kamar bagi tamu dan Panwasrah PON. Sementara (akomodasi) non hotel (seperti) penginapan dan asrama sebanyak 24 unit bagi atlet dan ofisial. Perumahan warga yang sudah kami sewa ada 598 kamar, (melebihi kebutuhan) 512 kamar yang sudah PB PON XX Papua tentukan,” ujar Hikoyabi.

Terdapat Pusat Pelayanan Kesehatan dan Ambulans di Setiap Venue

Menurutnya, Sub PB PON Bidang Transportasi dan Kesehatan juga telah menyiapkan 24 kendaraan bus dan minibus, serta tiga kapal pariwisata Danau Sentani. Selain itu, setiap venue PON di Kabupaten Jayapura juga akan tersedia pusat pelayanan kesehatan dan juga ambulans.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari di Kabupaten Jayapura dan RSUD Jayapura di Kota Jayapura juga telah siap menerima rujukan panitia, atlet, atau ofisial yang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih lanjut. Kedua RSUD itu juga siap memberikan vaksinasi maupun melayani kebutuhan tes usap antigen.

Baca Juga : Sejarah Baru, Esport Salah Satu Cabang Olahraga di PON XX

Sub PB PON Bidang Konsumsi akan membangun dua unit dapur umum besar untuk mengemas dan menyajikan makanan bagi seluruh peserta PON XX Papua.

Setiap hari akan ada tiga kali jadwal makan dan dua kali jadwal penyajian kudapan yang disiapkan 300 juru masak professional dan didatangkan dari luar Papua.

Sub PB PON Bidang Konsumsi juga menyiapkan 400 kontainer untuk menyimpan makanan siap jadi dan abhan makanan selama 13 hari pelaksanaan PON XX Papua di Kabupaten Jayapura.

Hikoyabi menyatakan pihaknya masih menunggu pencairan anggaran Sub Bidang Konsumsi Sub PB PON Kabupaten Jayapura. “Kendala keuangan yang saat ini, konsumsi menggunakan anggaran belanja negara. Prosesnya sudah sampai di Kementerian Keuangan RI, kami tunggu pencairan saja. Besaran dana konsumsi yang diusulkan Rp109 miliar,” ujarnya.